MARINI, ENDA and Oemar S., Bakrie (2006) PEMANFAATAN SERBUK BAN KARET LUAR BEKAS 4% DAN FLY ASH 5% PADA CAMPURAN ASPAL DENGAN PERENDAMAN MELALUI PENGUJIAN LABORATORIUM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03023110087_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
|
Text
RAMA_22201_03023110087_9900983165_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110087_9900983165_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110087_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110087_9900983165_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110087_9900983165_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (22MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110087_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110087.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (71MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring meningkatnya kebutuhan jalan raya maka semakin banyak pula material yang dibutuhakan untuk perkerasan, baik itu agregat, maupun bahan pengikat perkerasan jalan itu sendiri yaitu aspal. Sumber alam yang tersedia semakin menipis. Untuk itu dilakukan berbagai upaya mendapatkan bahan alternatif perkerasan. Dalam penelitian ini digunakan 4% karet ban luar bekas sebagai pengganti dust dan 5% fly ash sebagai pangganti filler. Selain untuk menekan penggunaan agregat, penelitian ini juga sekaligus memanfaatkan limbah karet ban luar yang menyebabkan polusi lingkungan. Kita ketahui pembangunan jalan dilaksanakan secara merata diberbagai tempat. Sebagai contoh didaerah dataran rendah disekitar rawa-rawa yang memungkinkan jalan tersebut tergenang oleh air rawa. Oleh karena itu dalam pengujian ini sample direndam dalam air rawa yang mengandung ph 2 selama 0,5 jam, 24 jam, dan 48 jam. Setelah dilakukan perendaman terhadap sample kemudian dilakukan pengujian Marshall dan Cantabro. Setelah diperoleh hasil pengujian tersebut, maka dilakukan perbandingan karakteristik dari campuran aspal normal dan campuran aspal yang ditambahkan 4% karet ban luar bekas sebagai pengganti dust dan 5% fly ash sebagai pengganti filler. Cara dan hasil pengujian ini mengikuti standar spesifikasi Bina Marga. Hasilnya menunjukkan bahwa perendaman dengan menggunakan air rawa tidaklah terlalu berpengaruh, baik itu pada campuran aspal normal maupun pada campuran aspal yang ditambahkan 4% karet ban luar sebagai pengganti dust dan 5% fly ash sebagai pengganti filler. Untuk itu campuran aspal yang ditambahkan serbuk karet ban luar bisa digunakan dan diterapkan untuk lapisan perkerasan pada jalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Material jalan raya, campuran aspal |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 05:16 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 05:16 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129681 |
Actions (login required)
View Item |