ANALISA PENERAPAN SISTEM SATU ARAH UNTUK PEMERATAAN SEBARAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN POM IX - SUMPAH PEMUDA KOTA PALEMBANG

SAFIRA, R. A. AULIA and Arliansyah, Joni and Rhaptyalyani, Rhaptyalyani (2014) ANALISA PENERAPAN SISTEM SATU ARAH UNTUK PEMERATAAN SEBARAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN POM IX - SUMPAH PEMUDA KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03101401045.pdf] Text
RAMA_22201_03101401045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (102MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_02.pdf] Text
RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_03.pdf] Text
RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_04.pdf] Text
RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_05.pdf] Text
RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03101401045_0015066702_0003048506_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45MB) | Request a copy

Abstract

Kawasan jalan POM IX dan jalan Sumpah Pemuda merupakan kawasan CBD (<Central business districts) sehingga rentan memiliki permasalahan transportasi terutama pada jam sibuk. Dengan melihat pola jaringan jalan POM IX dan jalan Sumpah Pemuda, terdapat peluang penerapan sistem satu arah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi dan membandingkan kineija lalu lintas pada ruas jalan POM IX dan jalan Sumpah Pemuda sebelum dan sesudah diberlakukan sistem satu arah. Data yang digunakan berupa data primer yang terdiri dari data geometrik jalan, volume kendaraan, kecepatan kendaraan, dan hambatan samping, dan data sekunder yang terdiri dari data jaringan jalan dan data statistik jumlah penduduk kota Palembang. Analisis kineija ruas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dimana untuk membantu dalam menganalisis kineija ruas jalan tersebut, digunakan model keseimbangan, dan program Vissim 6.0 dalam melakukan permodelan. Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah diterapkan sistem satu arah, kineija ruas jalan POM IX dan jalan Sumpah Pemuda menjadi lebih baik, hal ini dapat dilihat dari teijadinya penurunan derajat kejenuhan, kenaikan kecepatan penyesuaian, penurunan waktu tempuh, dan kenaikan tingkat pelayanan. Seperti yang teijadi dijalan POM IX, derajat kejenuhan mengalami penurunan, mulai dari 0,77 di saat pagi menjadi 0,57. Kecepatan penyesuaian mengalami kenaikan, mulai dari 42,50 km/jam di saat pagi menjadi 58,75 km/jam. Begitu pula dengan waktu tempuh, yang mengalami penurunan, mulai dari 0,031 jam di saat pagi menjadi 0,021 jam, dan tingkat pelayanan dijalan tersebut juga mengalami kenaikan dari D di saat pagi menjadi C. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk menerapkan sistem satu arah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sistem satu arah, kinerja, model keseimbangan, vissim 6.0.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 06 Oct 2023 05:30
Last Modified: 06 Oct 2023 05:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129688

Actions (login required)

View Item View Item