PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN AGREGAT HALUS DENGAN BAN KARET LUAR 5% SERTA FLY ASH 5% PADA CAMPURAN ATB SETELAH DILAKUKAN PERENDAMAN

FEBRINDA, YURIKE KHRISNA and Oemar S., Bakrie (2006) PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN AGREGAT HALUS DENGAN BAN KARET LUAR 5% SERTA FLY ASH 5% PADA CAMPURAN ATB SETELAH DILAKUKAN PERENDAMAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03023110017.pdf] Text
RAMA_22201_03023110017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110017_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110017_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03023110017_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03023110017_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110017_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03023110017_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110017_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03023110017_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (33MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110017_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03023110017_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110017_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110017_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110017_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03023110017_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Pada struktur perkerasan jalan, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas campuran adalah sifat dan kualitas agregat serta hasil campurannya dengan aspal. Agregat yang baik adalah agregat yang mempunyai ketahanan dan kekuatan yang tinggi, sehingga mampu menahan beban lalu lintas dan mempunyai daya rekat yang baik terhadap aspal. Banyaknya kebutuhan agregat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan menipisnya bahan-bahan alam, sehingga perlu dicari material alternatif yang mudah didapat, ekonomis, menyatu dengan aspal dan menghasilkan campuran yang memiliki stabilitas dan durabilitas yang tinggi. Pada penelitian ini menggunakan serbuk ban karet luar bekas serta fly ash yang berasal dari limbah pembakaran batubara. Serbuk ban karet luar bekas yang dicampurkan sebanyak 5% dari berat dus t yang digunakan dan kemudian dilakukan perendaman dengan menggunakan air rawa yang berasal dari daerah Tanjung Api-api. Pengujian-pengujian yang dilakukan di laboratorium meliputi pengujian agregat, pengujian aspal, dan pengujian campuran, baik itu campuran aspal normal maupun campuran dengan mempergunakan serbuk ban karet luar 5% serta 5% fly ash sebagai flUer. Dari pengujian aspal diperoleh data titik lembek, titik nyala dan titik bakar, penetrasi, kelekatan, daktilitas, dan berat jenis aspal. Dari pengujian terhadap campuran aspal dengan Marshall nilai Marshall Quotient, dan V1M mengalami peningkatan, sedangkan nilai Stabilitas, Flow, Berat Isi, VFA, dan VMA menurun. Penelitian Cantabro Scattering Loss hanya menentukan nilai abrasi dari kadar aspal optimum yang telah diperoleh dari Marshall test. Hasil penelitian di Laboratorium Dinas PU Bina Marga menunjukkan bahwa penggunaan serbuk ban karet luar 5% sebagai pengganti sebagian dust, serta flyash 5% sebagai filler telah memenuhi spesifikasi Bina Marga dan layak digunakan sebagai bahan alternatif dalam konstruksi perkerasan jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Struktur perkerasan jalan, serbuk ban karet, fly ash
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:28
Last Modified: 16 Oct 2023 04:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129854

Actions (login required)

View Item View Item