PENGUJIAN KARET BAN LUAR BEKAS DENGAN KADAR 7,5% DAN 15% SEBAGAI BAHAN PENGGANTI AGREGAT HALUS DAN FLY ASM 5% SEBAGAI PENGGANTI FILLER DENGAN MARSHALL TEST DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST

TRIANA, HEVI and Oemar S., Bakrie (2006) PENGUJIAN KARET BAN LUAR BEKAS DENGAN KADAR 7,5% DAN 15% SEBAGAI BAHAN PENGGANTI AGREGAT HALUS DAN FLY ASM 5% SEBAGAI PENGGANTI FILLER DENGAN MARSHALL TEST DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03043110154.pdf] Text
RAMA_22201_03043110154.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110154_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03043110154_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03043110154_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03043110154_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110154_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03043110154_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110154_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03043110154_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110154_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03043110154_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110154_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03043110154_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (862kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110154_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03043110154_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64MB) | Request a copy

Abstract

Pada perkerasan jalan,factoi>faktor yang mempengaruhi kualitas perkerasan jalan adalah kualitas aspal Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah selain agregat juga dipakai ban karet luar bekas sebagai material tambahan pengganti DustBan karet luar bekas diperoleh dari ban kendaraan yang sudah tidak terpakai lagi oleh sipemilik kendaraan,oleh karena itu lama kelamaan ban karet ini akan menjadi limbah bagi masyarakat.oleh sebab itu limbah ban karet ini sebagian diolah menjadi kerajinan rumah tangga tetapi dalam hal ini limbah karet ban luar bekas ini akan diolah menjadi serbuk halus di pabrik vulkanisir Km 11 dipakai untuk campuran perkerasan jalan khususnya pengganti Dust,disini akan terlihat apakah limbah ban karet ini bias digunakan untuk daerah tropis di Indonesia terlebih di sumatera selatan khususnya di Palembang, dengan mengikuti spesifikasi BINA MARGA. Hasil yang didapat dari pengujian campuran,yaitu Marshall Test dan Cantabro Scattering Loss Test membuktikan bahwa penggunaan serbuk karet ban luar bekas sebagai pengganti dus t untuk ATB lebih memiliki nilai stabilitas dan ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan caampuran biasa.Hal ini dapat diketahui dari naiknya nilai stabilitas yang signifikan pada penambahan serbuk karet ban luar bekas sebesar 7,5% dan 15% yaitu pada kadar aspal optimum 6,5% didapat nilai stabilitas 1484,321 kg dan 854,36 kg,sedangkan pada campuran aspal tanpa serbuk karet ban hanya 838,025kg dengan kadar aspal optimum yng sama pada hasil Cantabro Scattering Loss Test menunjukkan nilai minimum abrasi cantabro pada campuaran dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas 7,5% dan 15% yaitu sebesar 2,20% dan 0,26% jatuh pada kadar aspal optimum 7% sedangkan pada campuran tanpa serbuk karet ban luar bekas didapat nilai minimum abrasi cantabro adalaahl,84 % jatuh pada kadar aspal optimum 7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan jalan, Cantabro Scattering Loss Test
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:25
Last Modified: 16 Oct 2023 06:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129858

Actions (login required)

View Item View Item