SABETHA, YANG and Oemar S., Bakrie (2006) ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN 8% DAN 15% SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS SERTA 5% FLY ASH TERHADAP CAMPURAN ASPHALT TREATED BASE (ATB). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03003110123.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (73MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110123_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_22201_03003110123_9900983165_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110123_9900983165_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110123_9900983165_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110123_9900983165_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (660kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110123_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (264kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110123_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (30MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menggunakan material serbuk karet ban luar bekas dan fly ash. Karena bahan ini merupakan bahan buangan padat yang tentunya juga akan menimbulkan masalah jika tidak dikelola dengan baik, maka jika material ini dapat digunakan sebagai bahan campuran dalam aspal ATB maka banyak masalah yang sekaligus dapat terpecahkan. Pada perkerasan jalan, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas aspal adalah dari absorpsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, rongga antar butiran agregat (VMA), rongga udara dalam campuran (VTM) dan gradasi agregat. Variasi dari kelima faktor ini akan memberikan daya lekat tinggi terhadap aspal dengan agregatnya dan kemampuan kekedapan air yang baik agar aliran air dipermukaan perkerasan tidak mampu masuk kedalam konstruksi badan jalan di bawahnya. Hasil yang didapat dari pengujian campuran, yaitu Marshall Test dan Cantabro Scattering Loss Test membuktikan bahwa campuran ATB memiliki nilai viscoelastis yang tinggi dibandingkan dengan campuran aspal biasa. Hal ini dapat diketahui dari naiknya nilai kelelehan iflow) yang cukup signifikan pada penambahan serbuk karet ban luar bekas sebesar 8% dan 15%, yaitu pada kadar aspal optimum sebesar 6,0% didapat nilai stabilitas 8,01, sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas hanya 4,42 dengan kadar aspal optimum 6,5% dan hasil Cantabro Scattering Loss Test menunjukan nilai minimum abrasi Cantabro pada campuran dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas 8% dan 15%, yaitu sebesar 0.1302% jatuh pada kadar aspal optimum 7,5%, sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas didapat nilai minimum abrasi Cantabro adalah 0,6937%, jatuh pada kadar aspal optimum 7,5%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konstruksi jalan, Campuran Asphalt Treated Base (ATB) |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250-278.8 Pavements and paved roads |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 06:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 06:51 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129936 |
Actions (login required)
View Item |