KARAKTERISTIK CAMPURAN LASTON WEARING COURSE (AC-WC) DENGAN PENGGUNAAN PASIR KWARSA BANGKA MENGGUNAKAN METODE MARSHALL

BERLIAN, FEBRIANSAH and Jatmiko, Wirawan (2012) KARAKTERISTIK CAMPURAN LASTON WEARING COURSE (AC-WC) DENGAN PENGGUNAAN PASIR KWARSA BANGKA MENGGUNAKAN METODE MARSHALL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03091301040.pdf] Text
RAMA_22201_03091301040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091301040_9990521919_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03091301040_9990521919_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03091301040_9990521919_02.pdf] Text
RAMA_22201_03091301040_9990521919_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091301040_9990521919_03.pdf] Text
RAMA_22201_03091301040_9990521919_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091301040_9990521919_04.pdf] Text
RAMA_22201_03091301040_9990521919_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091301040_9990521919_05.pdf] Text
RAMA_22201_03091301040_9990521919_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091301040_9990521919_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03091301040_9990521919_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091301040_9990521919_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03091301040_9990521919_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan volume lalu lintas yang meningkat pesat akan memberikan dampak terhadap permintaan dalam membangun struktur perkerasan jalan dan pemakaian material yang digunakan. Terutama untuk kondisi dimana beban lalu lintas berlebihan (overloading) yang sering terjadi sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kekuatan struktur perkerasan jalan, di samping perlu adanya penggunaan campuran beraspal panas dengan spesifikasi baru, pemilihan jenis material yang digunakan adalah sangat penting termasuk diantaranya komposisi campuran agregat halus (fine ciggregale) dan agregat kasar (course aggrega(e) maupun filler dengan demikian performa perkerasan jalan dapat tercapai dan memenuhi spesifikasi. Pulau Bangka mempunyai sumber daya alam yang melimpah seperti hasil tambang pasir kwarsa. Agregat normal yang akan dicampur masing-masing dengan menggunakan pasir biasa maupun menggunakan pasir kwarsa sebagai agregat halus ditimbang dengan berat ±1100 gram dalam kondisi padat (suhu ruang). Campuran agregat dipanaskan dengan suhu pencampuran 155°C dan setelah agregat tersebut tercampur kemudian campuran bahan tersebut siap untuk dipadatkan dengan suhu pemadatan sebesar 145°C. Sampel yang akan dibuat dibagi berdasarkan kadar aspal dalam campuran, yang dimulai dari kadar 4,5%; 5,0%; 5,5%; 6,0%; dan 6,5%. Setelah benda uji benar-benar siap, selanjutnya dilakukan pengujian dengan metode marshall, dari hasil pengujian dengan menggunakan pasir kwarsa sebagai campuran agregat halus didapatlah nilai-nilai dari karakteristik uji marshall, seperti nilai Stabilitas 1250,00 kg, Marshall Quotient 325,00 kg/mm, VMA (Voids in mineral aggregctle) 16,70 %, V1M (Voids in the mix) 4,50 %, dan VF A (Voids filled wilh asphali) 73,00 % dan nilai kelelehan (flow) 3,83 mm. Setelah didapat nilai dari karakteristik pengujian marshall kemudian dicari nilai Kadar Aspal Optimum (K.A.O) untuk campuran menggunakan pasir biasa sebagai agregat halus didapat nilai KAO nya sebesar 6,00 % dan untuk campuran agregat halus dengan menggunakan pasir kwarsa didapat nilai KAO nya sebesar 5,75 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: struktur perkerasan jalan, campuran laston
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250-278.8 Pavements and paved roads
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:21
Last Modified: 24 Oct 2023 08:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/130037

Actions (login required)

View Item View Item