PENGARUH PENGGUNAAN 6% BAN KARET LUAR SERTA 5% FLY ASH PADA CAMPURAN ASPAL YANG TERENDAM AIR RAWA

EFRINA, TRIA and Oemar S., Bakrie (2006) PENGARUH PENGGUNAAN 6% BAN KARET LUAR SERTA 5% FLY ASH PADA CAMPURAN ASPAL YANG TERENDAM AIR RAWA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03023110072.pdf] Text
RAMA_22201_03023110072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (70MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110072_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110072_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03023110072_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03023110072_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110072_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03023110072_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110072_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03023110072_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110072_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03023110072_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110072_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110072_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (767kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110072_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03023110072_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Untuk menghemat penggunaan agregat pada campuran aspal yang persediaannya semakin lama semakin berkurang, dilakukan penggantian agregat dengan menggunakan bahan alternatif yang berasal dari limbah ban luar kendaraan bermotor atau yang sering disebut serapped rubber tire dan abu terbang yang berasal dari sisa pembakaran batu bara/ fly ash. Pemilihan ban karet bekas sebagai pengganti agregat didasari pada sifat bahan berbasis karet yang mampu meningkatkan daya ikat antar agregat. Sedangkan fly ash dipilih karena sifatnya yang mampu berperan sebagai filter menggantikan semen. Selain itu perlu juga diketahui seberapa jauh pengaruh yang akan ditimbulkan pada konstruksi jalan apabila pada perkerasan jalan yang mempergunakan ban karet bekas dan fly ash tergenang oleh air rawa yang memiliki kadar asam yang tinggi. i Penelitian ini bermaksud untuk meneliti pengaruh perendaman terhadap campuran ATB (Asphalt Treated Base) yang menggunakan 6% ban karet luar sebagai pengganti sebagian dust serta 5% fly ash sebagai filler. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik campuran aspal dengan 6% ban karet luar sebagai pengganti sebagian dust, serta 5% fly ash sebagai filler dan membandingkannya dengan campuran aspal normal melalui perendaman 0,5 jam, 24 jam, dan 48 jam. Hasil penelitian menunjukan bahwa perendaman campuran aspal dengan 6% ban karet luar sebagai pengganti sebagian dust, serta 5% fly ash sebagai filler memiliki nilai stabilitas, kelelehan/ flow, dan VFA yang lebih rendah dibandingkan dengan campuran aspal normal yang direndam dengan air rawa. Sedangkan nilai Marshall Ouotient, VIM, dan VMA yang dihasilkan campuran aspal dengan 6% ban karet luar sebagai pengganti sebagian dust, serta 5% fly ash sebagai filler lebih besar dibanding dengan campuran aspal normal. Nilai abrasi yang dihasilkan dari pengujian Canlabro Scatlermg Loss menunjukan bahwa semakin lama waktu perendaman, maka nilai abrasi akan semakin kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Campuran aspal, penggunaan agregat
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250-278.8 Pavements and paved roads
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:53
Last Modified: 03 Nov 2023 03:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/130336

Actions (login required)

View Item View Item