PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN PMRI MATERI LIMAS UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

ARYANI, ROSYIDAH and Yusup, Muhamad (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN PMRI MATERI LIMAS UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026_0006057802_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026_0006057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026_0006057802_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026_0006057802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026_0006057802_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026_0006057802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026_0006057802_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026_0006057802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026_0006057802_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026_0006057802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026_0006057802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026_0006057802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823026_0006057802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823026_0006057802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis android dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) yang valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limas di SMP. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (design research) dengan tipe development studies yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap preliminary (persiapan, analisis, dan desain) dan tahap formative evaluation (self-evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah validator ahli dan siswa di SMP Negeri 1 OKU. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu walkthrough, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis android dengan pendekatan PMRI materi limas yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Kevalidan bahan ajar ditentukan oleh para validator ahli. Kepraktisan dilihat berdasarkan hasil observasi dan angket selama menggunakan bahan ajar berbasis Android. Hasil observasi selama pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 91%, sedangkan hasil penilaian angket setelah pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 87,67%, yang mana keduanya tergolong kategori sangat praktis dan menunjukkan bahwa siswa dapat menggunakan bahan ajar berbasis Android dengan baik, dapat membantu siswa dalam memahami materi, dan tertarik untuk menggunakannya. Efek potensial dilihat berdasarkan hasil tes pemahaman konsep matematis siswa setelah melakukan pembelajaran materi limas menggunakan bahan ajar berbasis Android yang memperoleh nilai rata-rata tes sebesar 72,81 dengan persentase ketuntasan siswa lebih dari 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Android, PMRI, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Materi Limas
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Teaching Materials (Bahan Ajar)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Rosyidah Aryani
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:38
Last Modified: 23 Nov 2023 07:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/130944

Actions (login required)

View Item View Item