PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGHADAPI DISMENORE PADA SISWI KELAS 10-11

NINGSIH, MURNI KURNIA and Natosba, Jum and Wahyuni, Dian (2023) PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGHADAPI DISMENORE PADA SISWI KELAS 10-11. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (919kB)
[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_02.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_03.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_04.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_05.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_06_ref.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_07_lamp.pdf] Text
RAMA_14201_04021281924105_0020078402_0009077904_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Remaja perempuan usia 15-18 tahun adalah remaja yang telah berada dimasa perkembangan seksual, yaitu haid. Pada saat siklusnya sebagian besar permasalahan yang dialami adalah nyeri haid atau dismenore. Kejadian dismenore tersebut dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan penderitanya, seperti nyeri yang kuat menjalar sampai kaki, sakit kepala, payudara bengkak, mual, muntah, hingga nyeri otot. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan yang tepat guna membantu menghadapi dismenore yang terjadi melalui peningkatan pada pengetahuan dan sikap remaja. Salah satu edukasi kesehatan yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja dalam menghadapi dismenore, yaitu dengan metode peer education. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap menghadapi dismenore pada siswi kelas 10-11. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Populasi penelitian adalah 112 siswi MA Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga. Sampel adalah siswi dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan sebanyak 60 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dengan teknik stratified random sampling sedangkan data dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis dan uji Post Hoc. Hasil penelitian uji bivariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kelompok intervensi peer education dan ceramah terhadap pengetahuan dengan nilai p-value (α ≤ 0,05) dan tidak terdapat pengaruh pada kelompok intervensi peer education, ceramah, dan kelompok kontrol terhadap sikap dengan nilai p-value (α > 0,05). Sedangkan, hasil penelitian uji Post Hoc menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pengetahuan setelah dilakukan intervensi antara kelompok kontrol-ceramah dan kelompok kontrol-peer education dengan p-value sebesar 0,000 (ɑ ≤ 0,05) dan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil sikap setelah dilakukan intervensi antara kontrol-peer education mendapat p-value sebesar 0,029 (ɑ ≤ 0,05). Peningkatan pengetahuan responden tentang dismenore terjadi karena adanya penambahan informasi melalui pendidikan kesehatan yang dilakukan oleh peneliti, salah satunya adalah peer education dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan melalui peer education dapat meningkatkan pengetahuan dan tidak sampai mengubah sikap responden. Penggunaan peer education diharapkan dapat menjadi salah satu strategi interaktif oleh pihak sekolah yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat dalam memberikan pendidikan kesehatan mengenai dismenore secara berkala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dismenore, Peer Education, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 14201-Nursing (S1)
Depositing User: Murni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:20
Last Modified: 27 Nov 2023 02:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/131158

Actions (login required)

View Item View Item