ANALISIS PERBANDINGAN KEMAMPUAN ALAT ANGKUT MEKANIS ANTARA DUMP TRUCK HINO FM260 DAN BELT CONVEYOR 1500 TPH DI PT. KERETA API LOGISTIK DERMAGA PT. MUARA ALAM SEJAHTERA KERTAPATI, KOTA PALEMBANG, PROVINSI SUMATERA SELATAN

AGUNG P, M. RIZKI and Hasjim, Machmud and Bochori, Bochori (2018) ANALISIS PERBANDINGAN KEMAMPUAN ALAT ANGKUT MEKANIS ANTARA DUMP TRUCK HINO FM260 DAN BELT CONVEYOR 1500 TPH DI PT. KERETA API LOGISTIK DERMAGA PT. MUARA ALAM SEJAHTERA KERTAPATI, KOTA PALEMBANG, PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (725kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_02.pdf] Text
RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_03.pdf] Text
RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_04.pdf] Text
RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_05.pdf] Text
RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_06.ref.pdf] Text
RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_ 31201_03021481518006_0025107401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (571kB) | Request a copy

Abstract

PT. Muara Alam Sejahtera melakukan kegiatan pengangkutan batubara menggunakan sarana kereta api dan kapal tongkang melalui dermaga kertapati. Kegiatan pengangkutan dan pemindahan batubara dari kereta api dengan jumlah muatan sebanyak 50 gerbong (100 kontainer) ke dermaga menggunakan Dump Truck (DT) dan Belt Conveyor (CV) yang ditangani oleh pihak PT. Kereta Api Logistik dengan perubahan rencana pengangkutan diinginkan hanya menggunakan belt conveyor. Dump truck Hino FM260 yang digunakan tidak memiliki dump karoseri seperti biasanya karena diperuntukkan untuk mengangkut kontainer 25 ton yang bisa mengangkut beban maksimal hingga 30 ton, sedangkan rangkaian belt conveyor terdapat pada tempat curah dari travelling hopper (TH) sampai ke atas stockpile (CV 103B, CV 104, CV 105 dan CV106 A dan B maks 1500 TPH) dengan total panjang rangkaian belt sebesar ± 960 m. Waktu bongkar yang ditentukan oleh PT. KAI selama 220 menit untuk satu kereta babaranjang. Kemampuan produksi aktual yang dapat dicapai DT yaitu untuk 8 DT vs 2 RS sebesar 723,66 TPH dan 2 DT vs 2 GC sebesar 127,74 TPH sehingga totalnya menjadi 851,40 TPH dan kemampuan produksi 2 CV vs 2 TH vs 2 GC hanya sebesar 202,95 TPH untuk satu kontainer pada satu siklus angkut, sedangkan jumlah produksi akan bertambah menjadi 247,63 TPH jika 2 kontainer dalam satu siklus angkutnya karena dibantu oleh reach stacker untuk memutar pintu kontainer. Hasil analisis aktual untuk 8 unit dump truck selama 233,43 menit (8DT vs 2RS dan 2DT vs 2GC) sedangkan untuk belt conveyor waktu yang mampu dicapai paling cepat 662,98 menit dari kombinasi alat muat CV vs 2TH vs 2GC dan jika dikombinasikan antara belt conveyor dan dump truck waktu yang dicapai sebesar 200,96 menit (9DT vs 2RS = 78 kontainer) dan 217,84 menit (CV vs TH1 vs GC1 = 12 kontainer) serta 222,33 menit (CV vs TH2 vs GC2 = 10 container). Perbedaan waktu tersebut didapati karena yang menjadi pokok utama bongkaran yaitu waktu muat dari alat muat GC yang terlalu lama untuk memindahkan container ke atas TH. Hasil pengamatan dan perhitungan menunjukkan bahwa PT. MAS untuk saat ini proses bongkar batubara dari kereta ke stockpile untuk jumlah kontainer sebanyak 100 kontainer belum bisa sepenuhnya menggunakan rangkaian belt conveyor karena dipengaruhi oleh proses bongkar dari travelling hopper yang belum mampu mencapai produksi teoritisnya sebesar 750 TPH sehingga masih perlu digunakannya kombinasi antara dump truck dan reach stacker untuk proses bongkar kontainer serta perlu adanya kajian lebih terhadap travelling hopper. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diantara kedua alat angkut mekanis tersebut yang mampu untuk membongkar satu rangkaian babaranjang sebanyak 100 kontainer untuk mencapai SOP bongkar 220 menit pada saat ini yaitu kombinasi antara alat angkut mekanis jenis Dump Truck merk Hino FM260 dan Reach Stacker merk Kalmar DRT450.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dump Truck, Belt Conveyor, SOP Waktu Bongkar, Waktu pemuatan, Analisis.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:13
Last Modified: 25 Oct 2019 06:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item