GASTRODIPLOMASI DAN DAMPAKNYA BAGI INDUSTRI MAKANAN DI JEPANG

DEWAYANI, SINTA RIZKA and Lionardo, Andries and Aisyah, Sari Mutiara (2023) GASTRODIPLOMASI DAN DAMPAKNYA BAGI INDUSTRI MAKANAN DI JEPANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84201_07041181621022.pdf] Text
RAMA_84201_07041181621022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041181621022_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84201_07041181621022_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_02.pdf] Text
RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (981kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_03.pdf] Text
RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_04.pdf] Text
RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_05_ref.pdf] Text
RAMA_84201_07041181621022_0001057901_0009049103_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Jepang merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangan baik itu domestic maupun internasional. Dengan menggunakan makanan, Jepang jepang merubah perspektif dunia tentang jepang yang awalnya materialistik menjadi negara yang cinta damai. Washoku sebagai wujud makanan khas yang telah dikenal seluruh dunia setelah terdaftarnya di UNESCO (United nations Educational, scientific dan cultural) pengakuan atas warisan budaya jepang yaitu washoku sebagai warisan budaya tak benda dan diatur oleh pemerintah jepang dibawah departemen pertanian, kehutanan dan perikanan jepang. Jepang dalam menjalankan diplomasi publik yaitu dalam meningkatkan industry makanannya. Penelitian ini membahas bagaimana peran JETRO (japan external trade organization) organisasi non profit yang berusaha untuk mempromosikan kuliner tradisional jepang ke dunia internasional serta meningkatkan ekspor produk jepang sehingga meningkatkan perekonomian. Penelitian ini menggunkan konsep gastrodiplomasi yang dikemukakan oleh Paul Rockwer yaitu national brand, awareness product campaign dan economic investment and trade. Metode penelitian yait ukualitatif, Sumber data yang dikumpulkan adalah data sekunder berupa artikel, buku jurnal, website resmi,dan laporan-laporan resmi pemerintah jepang. Teknik pengumpulandata yaitu dengan cara dokumentasi hasil dari penelitian ini yaitu jepang menjalankan gastrodiplomasinya jepang menjalankan gastrodiplomasi dengan menggunakan washoku yangtujuannya untuk menjadikan persepsi dunia sebagai negara yang mempunyai citra yang positif melalui kuliner. Jepang melibatkan aktor non negara seperti organisasi non profit seperti JETRO (japan external trade organization) yang bertugas Mempromosikan FDI ke jepang, Memperkuatkerjasama dengan pemerintah, Mendukung ekspor produk dan pangan pertanian, kehutanan, danperikanan jepang, kontribusi pada aktivitas dan kebijakan perdagangan perusahaan jepangmelalui survei dan penelitian serta JFOODO (the japan food product overseas promotion center) bertujuan untuk meningkatkan ekspor produk pertanian, kehutanan perikanan,dan makananjepang dengan memberikan merek dan mempromosikan ke seluruh dunia untuk meningkatkannational brand awareness. Dengan serangkaian aktifitas tersebut telah memberikan perkembangan bagi industry makanan jepang melalui kegaiatan investasi dan perdagangan. kata kunci: Diplomasi publik, gastrodiplomasi,industry makanan, jepang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diplomasi publik, gastrodiplomasi, industry makanan, Jepang
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 84201-International Relations (S1)
Depositing User: Sinta Rizka Dewayani
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:35
Last Modified: 06 Dec 2023 06:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/131882

Actions (login required)

View Item View Item