Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembinaan Kesadaran Akan Pentingnya Pencatatan Tanah Sebagai Bukti Otentik Kepemilikan Bagi Masyarakat Desa Pulau Harapan Kabupaten Banyuasin

Samawati, Putu and Ridwan, Suci and Syaifuddin, Ridwan (2023) Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembinaan Kesadaran Akan Pentingnya Pencatatan Tanah Sebagai Bukti Otentik Kepemilikan Bagi Masyarakat Desa Pulau Harapan Kabupaten Banyuasin. Repository Unsri, Palembang. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Pengabdian Tahun 2023] Other (Laporan Pengabdian Tahun 2023)
Laporan Pengabdian putu dkk.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tim Pengabdian FH-UNSRI telah melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan tentang “Pembinaan Kesadaran Akan Pentingnya Pencatatan Tanah Sebagai Bukti Otentik Kepemilikan Bagi Masyarakat Desa Pulau Harapan Kabupaten Banyuasin”. Kegiatan ini diikuti oleh kepala desa, staf pegawai kantor desa, kepala dusun, ketua RT, tetua adat, dan perwakilan organisasi masyarakat desa. Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan dinilai cukup baik dan tidak menemui masalah atau hambatan yang bearti. Rencana aksi yang disepakati pada tanggal 29 September 2023 dijalankan oleh para peserta dengan melakukan sosialisasi kepada warganya tentang pentingnya memiliki sertipikat tanah sebagai bukti otentik hak milik atas lahan yang selama ini berada pada penguasaan mereka. Upaya pencegahan menjadi prioritas untuk dilakukan agar tidak menimbulkan konflik atau sengketa antar warga. Dukungan penuh dari kepala desa Pulau Harapan menjadi sangat penting karena proses perubahan perilaku warga untuk menjadi masyarakat yang sadar hukum bukan lah pekerjaan yang instant, butuh proses dan waktu yang tidak sebentar, maka dari itu komitmen bersama para perangkat desa dan jajarannya menjadi suatu keharusan demi meningkatkan kesejahteraan bersama.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Hukum, Pendaftaran Tanah, Bukti Otentik, Hak Milik
Subjects: K Law > K Law (General) > K100-103 Legal education
Divisions: 02-Faculty of Law > 74102-Notarial Law (S2)
Depositing User: Putu Samawati
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:18
Last Modified: 19 Dec 2023 03:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/132094

Actions (login required)

View Item View Item