Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Pemahaman Tentang Urgensi Menerapkan Prinsip Kehati-Hatian Dalam Jual Beli Online Upaya Pencegahan Kerugian Konsumen Pada Siswa SMAN 8 Lubuklinggau

Samawati, Putu and Emirzon, Suci and Ahmaturrahman, Ridwan (2023) Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Pemahaman Tentang Urgensi Menerapkan Prinsip Kehati-Hatian Dalam Jual Beli Online Upaya Pencegahan Kerugian Konsumen Pada Siswa SMAN 8 Lubuklinggau. Repository Unsri, Palembang. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Pengabdian Tahun 2023 DIPA FH Unsri] Other (Laporan Pengabdian Tahun 2023 DIPA FH Unsri)
Full Laporan Pengabdian Joni dkk.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang menggunakan jaringan internet sejak tahun 2000an memang berdampak pada kemudahan-kemudahan yang mengarah efisiensi dan efektifitas dalam segala sektor kehidupan. Salah satu sektor kehidupan yang turut mengalami perkembangan adalah sektor perdagangan barang. Tahun 2020an perkembangan digital diikuti dengan perkembangan system perdagangan online, pandemic covid-19 juga menjadi faktor pendukung pesatnya perdagangan online. Setiap orang dengan mudah melakukan transaksi jual beli di dunia maya, kemudahan yang diperoleh ini juga ternyata berdampak pada kemudahan oknum untuk melakukan kejahatan penipuan. Hal ini didukung oleh sulitnya untuk melakukan klaim atau menuntut kerugian jika pelakunya menjalankan aksinya di dunia maya. Berbagai pesoalan dalam jual beli online pada akhirnya merugikan konsumen, kondisi ini menuntut konsumen untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi di dunia maya. Langkah antisipasi dan pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan ruang bagi konsumen untuk mewaspadai setiap Langkah-langkah yang mereka ambil yaitu dengan meningkatkan prinsip kehati-hatian. Atas dasar hal tersebut, maka tim pengabdian FH-UNSRI menganggap perlu untuk melakukan sosialisasi mengenai prinsip kehati-hatian tersebut dalam format pengabdian yang berjudul Pemahaman Tentang Urgensi Menerapkan Prinsip Kehati-Hatian Dalam Jual Beli Online Upaya Pencegahan Kerugian Konsumen. Target yang menjadi khalayak sasaran dalam pengabdian ini adalah para siswa siswi SMAN 8 Lubuklinggau yang berjumlah kurang lebih 30 orang. Tim pengabdian FH-UNSRI yang diketuai oleh Prof. Joni Emiszon, S.H.,M.Hum., dengan anggota Dr. Putu Samawati, S.H.,M.H. dan Ahmaturrahman, S.H.,M.Hum., serta dibantu oleh 5 orang mahasiswa yaitu; Muhammad Hafiz Kurniawan, S.H., Budiarti, S.H., Adelia Mayang Sari, S.H., Salsabila Ramadianti, dan Aldila Putri Marlista. Secara keseluruhan pelaksanaan pengabdian berjalan dengan baik, pihak sekolah merespon positif dan berharap akan ada keberlanjutan program-program sosialisasi sejenis ini dari FH-UNSRI. Keterbukaan wawasan dan pemahaman siswa di daerah akan sangat membantu mereka dalam melakukan aktivitas di masa mendatang ketika sudah bergabung dalam komunitas yang lebih luas. Anak-anak usia sekolah menengah atas adalah kelompok anak-anak yang masih mencari jati diri, tuntunan yang baik akan berdampak pada penciptaan pribadi yang baik dan tangguh. Peran sekolah dalam memberikan edukasi akan sangat terbantukan apabila didukung oleh kelompok-kelompok Masyarakat lainnya, salah satunya adalah pihak perguruan tinggi yang merupakan kelompok-kelompok terdidik yang mampu memberikan contoh terbaik bagi anak-anak SMA. Pengabdian ini merupakan cerminan kepedulian perguruan tinggi akan pentingnya peran serta dalam meningkatkan kepedulian sosial dan kesejahteraan Masyarakat secara luas.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Prinsip Kehati-hatian, Jual Beli Online, sosial commerce, e-commerce
Subjects: K Law > K Law (General) > K100-103 Legal education
Divisions: 02-Faculty of Law > 74102-Notarial Law (S2)
Depositing User: Putu Samawati
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:18
Last Modified: 19 Dec 2023 03:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/132095

Actions (login required)

View Item View Item