PERENCANAAN RUTE ANGKUT PEMINDAHAN TANAH PENUTUP KE DISPOSAL AREA MENGGUNAKAN MODEL TRANSPORTASI PADA BULAN APRIL 2013 DI PIT 3 BANKO BARAT PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK UPTE

SAPUTRA, DIAN EKO and Yusuf, Maulana and Handayani, Rr. Harminuke Eko (2013) PERENCANAAN RUTE ANGKUT PEMINDAHAN TANAH PENUTUP KE DISPOSAL AREA MENGGUNAKAN MODEL TRANSPORTASI PADA BULAN APRIL 2013 DI PIT 3 BANKO BARAT PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK UPTE. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_23201_03091002026.pdf] Text
RAMA_23201_03091002026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB)
[thumbnail of RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_02.pdf] Text
RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_03.pdf] Text
RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_04.pdf] Text
RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_05.pdf] Text
RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_06_ref.pdf] Text
RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_07_lamp.pdf] Text
RAMA_23201_03091002026_0026095903_9990553505_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Target produksi tanah penutup yang telah direncanakan oleh PT. Bukit Asam (Persero) tbk Unit Penambangan Tanjung Enim pada bulan April 2013 pada Pit 3 Banko Barat adalah sebesar 1.050.000 BCM. Dengan mengacu dari 3 bulan awal di tahun 2013, terjadinya ketidaktercapaian produksi dimana hanya 60,17% pada bulan Januari, 46,80% pada bulan Februari, dan 63,55% pada bulan Maret. Salah satu penyebabnya dikarenakan rute angkut tanah penutup yang belum optimal. Rute angkut yang ada saat ini yaitu dari Pit 3 Barat A ke disposal Barat Selatan yang berjarak 1101 m, Pit 3 Timur ke disposal Barat Utara yang berjarak 1.500 m, dan Pit 3 Barat B ke disposal Barat Tengah yang berjarak 1.563 m. Oleh karena itu, untuk mencapai target produksi tanah penutup pada bulan April, maka perlu adanya perencanaan terhadap rute angkut tanah penutup tersebut. Perencanaan rute angkut tanah penutup ini bisa dilakukan dengan menggunakan Model Transportasi. Dalam perhitungannya, model transportasi ini didasarkan pada efektivitas (cycle time) dan efisiensi (tarif angkutan) kerja dari alat angkut. Model transportasi yang digunakan adalah model transportasi solusi dasar. Model transportasi ini menggunakan tiga metode perhitungan yaitu Metode Sudut Barat Laut {North-West Corner Rule), Metode Biaya Terendah {Least-Cost Rule), dan Metode Aproksimasi Vogel (VAM). Setelah dilakukan perhitungan menggunakan ketiga metode tersebut, maka didapatlah rute angkut yang paling efektif dan efisien yaitu Metode Biaya Terendah (Least-Cost Rule) dimana nilai cycle time dan tarif angkutannya sebesar 11,948 menit dan Rp 9.994,19. Nilai cycle time dan tarif angkutan tersebut merupakan nilai yang paling baik jika dibandingkan dengan dua metode lainnya. Nilai cycle time dan tarif angkutan pada Metode Sudut Barat Laut {North-West Corner Rule) sebesar 12,107 menit dan Rp 10.173,79 sedangkan pada Metode Aproksimasi Vogel {VAM) sebesar 11,969 menit dan Rp 10.017,69. Kata Kunci: Perencanaan, rute angkut, tanah penutup, model transportasi, cycle time, tarif angkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, rute angkut, tanah penutup, model transportasi, cycle time, tarif angkutan.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 15 Dec 2023 06:43
Last Modified: 15 Dec 2023 06:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/132422

Actions (login required)

View Item View Item