ANNISA, MIFTAQHUL NUR and Yosef, Yosef and Effendy, Umar (2018) STUDI KASUS KORBAN BULLYING PADA ASPEK KETERAMPILAN INTERPERSONAL DAN PRESTASI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520093_0023036204_0009031003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (495kB) |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520093_0023036204_0009031003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520093_0023036204_0009031003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (228kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520093_0023036204_0009031003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520093_0023036204_0009031003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (37kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520093_0023036204_0009031003_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (36kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381520093_0023036204_0009031003_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek keterampilan interpersonal dan prestasi akademik korban bullying di SD Negeri 17 Palembang. Dalam penelitian ini terdapat seorang peserta didik yang dipilih untuk menjadi subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara yang dilakukan dengan subjek, teman dekat subjek, wali kelas dan orang tua, observasi dilakukan untuk mengumpulkan data tentang keterampilan interpersonal subjek. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi memasukkan informasi tentang korban bullying ke dalam sebuah daftar, membuat matriks kategori aspek keterampilan interpersonal korban bullying dan menempatkan buktinya ke dalam kategori, menciptakan analisis data dalam diagram fishbone, dan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari kelima aspek keterampilan interpersonal terdapat satu aspek yang menunjukan hasil yang cenderung tinggi yaitu aspek kemampuan dalam memberikan dukungan emosional, tetapi untuk keempat aspek lainnya yang meliputi kemampuan berinisiatif, kemampuan bersikap terbuka, kemampuan bersikap asertif, dan kemampuan mengatasi konflik menunjukkan hasil yang rendah oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa subjek memiliki keterampilan interpersonal yang rendah. Sehingga subjek tidak dapat mencegah dan mengatasi bullying yang terjadi pada dirinya. Selain itu subjek penelitian juga mengalami penurunan dalam prestasi akedemik dan cenderung tidak aktif pada saat pembelajaran di kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan interpersonal, prestasi akademik, korban bullying, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 08:14 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 08:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/1330 |
Actions (login required)
View Item |