Tingkat Responsivitas Memoderasi: Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Dan Temuan Hasil Pemeriksaan Terhadap Kinerja Keuangan

Susetyo, Didik (2023) Tingkat Responsivitas Memoderasi: Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Dan Temuan Hasil Pemeriksaan Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Auntansi dan Bisnis, 8 (2). pp. 198-210. (Submitted)

[thumbnail of Tingkat Responsivitas Memoderasi: Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Dan Temuan Hasil Pemeriksaan Terhadap Kinerja Keuangan] Text (Tingkat Responsivitas Memoderasi: Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Dan Temuan Hasil Pemeriksaan Terhadap Kinerja Keuangan)
7225-19949-1-PB. pdf.pdf

Download (930kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik pemerintah daerah dan temuan hasil pemeriksaan terhadap kinerja keuangan dimoderasi tingkat responsivitas pemerintah daerah. Populasi dan sampel sebanyak 180 kabupaten dan kota. data sekunder dari Laporan hasil pemeriksaan Laporan keuangan yang diaudit oleh BPKRI tahun 2017 sampai dengan 2019. Teknik analisis regresi panel data software pengolahan data eviews dengan model random effect. Hasil menunjukkan ukuran legislatif, kelemahan SPI dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Selanjutnya ukuran pemerintah, dan tingkat kekayaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Tingkat responsivitas tidak dapat memperkuat pengaruh ukuran legislatif, kelemahan SPI dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terhadap kinerja keuangan, sementara itu tingkat responsivitas dapat memperkuat pengaruh ukuran pemerintah dan tingkat kekayaan pemerintah daerah terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 01-Faculty of Economics > 60201-Development Economics (S1)
Depositing User: Prof. Dr. Didik Susetyo, SE., MSi
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:36
Last Modified: 29 Dec 2023 01:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/133770

Actions (login required)

View Item View Item