HARIYANI, HARIYANI and Wiyono, Ketang and Murniati, Murniati (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI INTI ATOM BERBASIS STEM UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419021_0022057904_0028086203_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (880kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419021_0022057904_0028086203_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (374kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419021_0022057904_0028086203_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (282kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419021_0022057904_0028086203_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419021_0022057904_0028086203_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (106kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419021_0022057904_0028086203_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (420kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419021_0022057904_0028086203_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Telah berhasil dikembangkan multimedia interaktif materi inti atom berbasis STEM untuk siswa SMA yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan teknik evaluasi Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian diperoleh rata-rata penilaian para ahli sebesar 92,7% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil one-to-one evaluation diperoleh rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran sebesar 88% dengan kriteria praktis dan mengalami peningkatan pada tahap small group evaluation dengan diperoleh rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran sebesar 85,6% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan praktis sehingga diperoleh kesimpulan bahwa multimedia interaktif pada materi inti atom berbasis STEM yang dikembangkan peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika di tingkat SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Inti Atom, STEM |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC770-798 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 04:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 04:30 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/13406 |
Actions (login required)
View Item |