PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN PERKARANGAN DENGAN TEKNIK BUDIDAYA HIDROPONIK DI DESA SUMBER RAHAYU KECAMATAN RAMBANG

puspiatahati, hati and arjuna neni, triana (2023) PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN PERKARANGAN DENGAN TEKNIK BUDIDAYA HIDROPONIK DI DESA SUMBER RAHAYU KECAMATAN RAMBANG. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya, indonesia. (Unpublished)

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Hidroponik adalah budidaya pertanian tanpa menggunakan media tanah, sehingga hanya dijalankan dengan menggunakan air sebagai media pengganti tanah. Sehingga sistem bercocok tanam secara hidroponik dapat memanfaatakan lahan yang sempit. Pertanian dengan menggunakan sistem hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas, tetapi dalam bisnis pertanian layak dipertimbangkan karena dapat dilakukan di pekarangan, rumah, atap rumah, maupun lahan lainnya. Masyarakat yang tinggal didesa masih memiliki lahan yang luas, terutama perkarangan dihalaman rumah yang kosong dibiarkan begitu saja. Berdasarkan hasil pengamatan didaerah pedesaan masih banyak perkarangan kosong. Untuk itu perlu perlu adanya pemanfaatan pekarangan untuk budidya sayuran secara hidroponik. Untuk mewujudkan program pembangunan masyarakat pedesaan, maka disusunlah suatu rancangan pengabdian masyarakat di Desa Sumber Rahayu. Desa Sumber Rahayu terletak di Kecamatan Rambang Sumatera Selatan yang memiliki populasi penduduk lebih dari 1200 jiwa dengan jumlah kepala keluarga 500 kk dan lebih dari 210 kepala keluarga memiliki mata pencaharian sebagai petani terutama karet. Sebagian besar penduduk desa Sumber Rahayu bermata pencaharian sebagai petani. Manfaat kegiatan ini adalah memberikan peningkatan pendapatan bagi usaha pertanian masyarakat desa Sumber Rahayu dengan melakukan pertanian secara hidroponik, memanfaatkan potensi lahan perkarangan dan nilai tambah dalam memanfaatkan limbah organik desa untuk nutrisi tanaman. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini terdiri dari petani, ibu-ibu rumah tangga dan remaja desa melalui kelompok karang taruna. Upaya pemberdayaan kepada masyarakat desa Sumber Rahayu dilakukan dengan sosialisasi, pelatihan, penyuluhan dan aplikasi alat secara langsung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 41201-Agricultural Engineering (S1)
Depositing User: puspitahati puspitahati
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:07
Last Modified: 19 Dec 2023 03:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/134965

Actions (login required)

View Item View Item