Laporan Penelitian_2023_Pengembangan Video Praktik Pembelajaran IPS Terpadu dengan Tema Sejarah, Ekonomi, PPKn Sosiologi tingkat SMP di Laboratorium Pendidikan IPS FKIP Unsri. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya.

Dedi Irwanto, Dedi and Kurnisar, REZA and Koryati, Agustina and Minha, Amruzi (2023) Laporan Penelitian_2023_Pengembangan Video Praktik Pembelajaran IPS Terpadu dengan Tema Sejarah, Ekonomi, PPKn Sosiologi tingkat SMP di Laboratorium Pendidikan IPS FKIP Unsri. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya, FKIP. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Akhir Penelitian Hibah Revitalisasi LPTK UNSRI 2023_DryLab_ Pengembangan Video Praktik Pembelajaran IPS Terpadu.pdf] Text
Laporan Akhir Penelitian Hibah Revitalisasi LPTK UNSRI 2023_DryLab_ Pengembangan Video Praktik Pembelajaran IPS Terpadu.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan Video Praktik Pembelajaran IPS Terpadu dengan Tema Sejarah, Ekonomi, dan PPKn Sosiologi Tingkat SMP pada Laboratorium Pendidikan IPS FKIP Universitas Sriwijaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk video praktik pembelajaran IPS Terpadu dengan tema Sejarah, Ekonomi, dan PPKn Sosiologi yang valid dan efektif. Urgensi dari penelitian ini adalah dalam upaya untuk memberi kebaruan pada proses pembelajaran yang menjadi sebuah keharusan yang penting untuk dimiliki oleh setiap pendidik (guru). Memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta didik, dengan memaksimalkan kemajuan teknologi merupakan salahsatu cara yang dianggap paling tepat dalam menyikapi setiap problematika yang sewaktu-waktu dapat muncul kapan saja pada proses pembelajaran. Laboratorium sebagai fasilitas pembelajaran, diharapkan mampu menjadi suksesi dalam pengembangan media video praktik pembelajaran yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan partisipasi peserta didik yang berdasar pada kemajuan teknologi dan program merdeka belajar yang telah dirumuskan oleh pemerintah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan pendekatan metode pengembangan model Allesi and Trollip. Adapun tahapan penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu meliputi planning (perencanaan), design (desain), dan development (pengembangan) untuk menghasilkan produk video praktik pembelajaran IPS Terpadu yang valid dan efektif dalam proses pembelajaran di Sekolah. Target luaran dari penelitian ini adalah publikasi pada jurnal nasional terindeks SINTA 3, dan HKI Media Pembelajaran. TKT yang akan dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dedi Irwanto
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:39
Last Modified: 19 Dec 2023 02:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/135212

Actions (login required)

View Item View Item