ASHARI, ISNANAN HADI and Misnaniarti, Misnaniarti (2018) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PASIEN JKN DAN NON-JKN DI RUMAH SAKIT ALIMUDIN UMAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024.pdf Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Preview |
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (663kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (507kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_02.pdf Download (507kB) | Preview |
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (248kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (252kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (469kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_06.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (287kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_07.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_08_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (248kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 13201 _10011181419024_0009067602_09_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (950kB) | Request a copy |
Abstract
Rumah sakit dituntut agar selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada pelanggan atau pasien yang berkunjung agar dapat terciptanya kepuasan pasien. Pengguna layanan kesehatan berasal dari pasien JKN dan Non JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan pasien JKN dan pasien Non JKN pada rawat jalan Rumah sakit Alimudin Umar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan analisis Importance Performance Analysis (IPA). Sampel penelitian ini adalah pasien rawat jalan terdiri dari 60 pasien JKN dan 60 pasien Non JKN dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari harapan dan kenyataan masing masing terdiri dari 5 dimensi kualitas pelayanan dengan 25 atribut. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesesuaian keseluruhan untuk pada penelitian ini yaitu pada pasien JKN sebesar (78,60%) dan pasien Non JKN sebesar (86,40%). Terdapat 2 (dua) dimensi yang belum memuaskan pasien untuk pasien JKN yaitu dimensi tangible (77,80%) dan reliability (74,04%). Sedangkan untuk pasien Non JKN hanya 1 (satu) yang belum memuaskan pasien yaitu dimensi tangible (79,26%). Berdasarkan analisis dengan menggunakan diagram kartesius diketahui bahwa dari 25 atribut untuk pasien JKN terdapat 0 atribut di kuadran A, 11 di kuadran B, 8 atribut dikuadran C dan 6 atribut di kuadran D. Sedangkan untuk pasien Non JKN dari 25 atribut terdapat 3 atribut di kuadran A, 5 atribut dikuadran B, 8 atribut dikuadran C, dan 9 atribut dikuadran D. Disimpulkan bahwa perbandingan pasien JKN dan Non JKN terletak pada dimensi tangible yang mana pasien JKN tidak puas dengan dimensi tersebut sedangkan pasien Non JKN merasa puas dengan dimensi tersebut. Saran bagi Rumah Sakit Alimudin Umar Lampung lebih meningkatkan masalah kebersihan seperti menambah jumlah petugas kebersihan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepuasan, Importance Performance Analysis, jaminan kesehatan nasional |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General) |
Divisions: | 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1) |
Depositing User: | Mr Halim Sobri |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 04:31 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 04:31 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/13613 |
Actions (login required)
View Item |