Hartono, Hartono (2011) Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam pada Lingkungan Pembelajaran Kombinasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (2). pp. 73-83. ISSN 2087-9903
Preview |
Text
artikel_3.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Studi kuasi-eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas program pengajaran praktikum IPA pada lingkungan pembelajaran kombinasi yang dapat meningkatkan keterampilan proses IPA (SPS) mahasiswa pada program pembelajaran jarak jauh pendidikan guru sekolah dasar di Sumatera Selatan, Indonesia. Model pembelajaran kombinasi sebenarnya merupakan kombinasi antara tatap muka dan pembelajaran online. Penelitian ini melibatkan 60 mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktikum IPA tahun akademik 2008/2009. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok sebagai kelas eksperimen dan kelompok lain sebagai kelas kontrol. SPS mahasiswa diukur dengan membandingkan pre test, pos test, dan kinerja. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan skor N-gain. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan SPS mahasiswa dari kelas eksperimen (N-gain = 73,31) dibandingkan dengan kelas kontrol (Ngain = 18,76). Dengan demikian, program pengajaran di lingkungan pembelajaran kombinasi dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan SPS mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kombinasi, pembelajaran jarak jauh, keterampilan proses IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | Dr, M.A. Hartono Hartono |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 07:21 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 07:21 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/13695 |
Actions (login required)
View Item |