TELAAH GEOMORFOLOGI KERAJAAN MAJAPAHIT (SIMILARITY)

Sani, Safitri (2023) TELAAH GEOMORFOLOGI KERAJAAN MAJAPAHIT (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of TELAAH GEOMORFOLOGI KERAJAAN MAJAPAHIT (SIMILARITY)] Other (TELAAH GEOMORFOLOGI KERAJAAN MAJAPAHIT (SIMILARITY))
TELAAH GEOMORFOLOGI KERAJAAN MAJAPAHIT (SIMILARITY).pdf - Published Version

Download (875kB)

Abstract

Untuk menelaah kerajaan majapahit memerlukan pendekatan yang kompleks. Hal ini disebabkan karena sedikitnya ditemukan benda-benda peninggalan kerajaan Majapahit sehingga untuk membuktikan dimana lokasi pastinya sejarawan perlu menelaah dari aspek geografi kesejarahan yaitu dengan pendekatan telaahan posisi , iklim dan morfologi bumi. Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389. Hasil penelitian memastikan bahwa ibukota Majapahit dikelilingi oleh jaringan jalur alir yang lebar dan dalam serta mempunyai jalan keluar ke arah barat menuju ke kali Brantas. Adapun sumber airnya berasal dari sungai-sungai yang ada di sebelah selatan ibukota.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Sani Safitri
Date Deposited: 28 Jan 2024 09:15
Last Modified: 28 Jan 2024 09:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137719

Actions (login required)

View Item View Item