Implementasi model controversial issue dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (Similarity)

Alfiandra, Alfiandra and Sani, Safitri and Puspa, Dianti (2023) Implementasi model controversial issue dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Implementasi model controversial issue dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (Similarity)] Text (Implementasi model controversial issue dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (Similarity))
Implementasi model controversial issue dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (Similarity).pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan efektifitas model pembelajaran controversial issue dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga siklus dimana setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran controversial issue dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Peningkatan kemampuan berfikir kritis tersebut terlihat pada keterampilan mahasiswa dalam mengidentifikasi masalah, mendefinisikan masalah, mengeksplorasi masalah, mengevaluasi dan mengintegrasikan berbagai macam solusi menjadi suatu jawaban yang komprehensif terhadap suatu permasalahan.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Sani Safitri
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:49
Last Modified: 25 Jan 2024 03:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137867

Actions (login required)

View Item View Item