Pengujian Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Sejarah di Sekolah IT Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya (Similarity)

Sani, Safitri (2024) Pengujian Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Sejarah di Sekolah IT Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Pengujian Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Sejarah di Sekolah IT Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya (Similarity)] Text (Pengujian Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Sejarah di Sekolah IT Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya (Similarity))
Pengujian Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Sejarah di Sekolah IT Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya (Similarity).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan mengenai Pengujian Soal Berbasis HOTS pada pembelajaran sejarah sebagai bentuk implementasi pembelajaran inovatif yang dilaksanakan di Sekolah Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga. Jika melihat kurikulum 2013, adanya bentuk penilaian pada hasil capaian belajar siswa tidak hanya pada pengetahuan saja, namun juga pada aspek afektif dan psikomotorik. Hasil penilaian tersebut juga sebagai bentuk laporan dari semua rangkaian belajar siswa dalam jenjang pendidikan sebagai deksripsi kompetensi masing-masing siswa. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode eksperimen dimana siswa sebagai subjek dan melakukan percobaan soal berbasis HOTS secara langsung. Selain itu juga dengan menggali informasi dari sumber-sumber buku, serta sumber jurnal, artikel maupun sumber internet lainnya yang sesuai dengan ketentuan dalam rangka menperoleh informasi yang sesuai dengan tema yang dibahas. Sejalan dengan pembelajaran inovatif masa kini dimana dalam aspek kognitif atau pengetahuan hal yang diukur adalah berkaitan dengan konsep berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah serta mempunyai kemampuan yang kreatif dan inovatif. Pada keterampilan lainnya adalah kemampuan dalam segi afektif dan psikomotorik, siswa melakukan penyesuaian diri dan memiliki bentuk komunikasi yang baik dan keterampilan diri dalam kolaborasi dan mampu membawa diri dalam kerjasama tim dengan baik.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Sani Safitri
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:02
Last Modified: 25 Jan 2024 04:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137897

Actions (login required)

View Item View Item