Simple Experiment of Doppler Effect Using Smartphone Microfon Sensor (Similarity)

Adam, Malik and Widiastuti Ledgeriani, Mugiri and Rizki, Zakwandi and Sani, Safitri and Tia, Juliani (2024) Simple Experiment of Doppler Effect Using Smartphone Microfon Sensor (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Simple Experiment of Doppler Effect Using Smartphone Microfon Sensor (Similarity)] Text (Simple Experiment of Doppler Effect Using Smartphone Microfon Sensor (Similarity))
Simple Experiment of Doppler Effect Using Smartphone Microfon Sensor (Similarity).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Efek Doppler merupakan suatu kejadian dimana frekuensi gelombang dari suatu sumber yang diterima oleh detektor mengalami perubahan akibat adanya pergerakan relatif detektor terhadap sumber gelombang atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gejala efek Doppler dengan memanfaatkan sensor yang terdapat dalam ponsel pintar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan memadukan perangkat mekanik dan sensor mikrofon pada ponsel pintar sebagai alat ukur. Instrumen mekanik yang digunakan adalah ponsel pintar dengan bantuan perangkat lunak pembangkit frekuensi suara, Physics Toolbox, dan kamera sebagai instrumen pengumpul data serta perangkat lunak Tracker sebagai analisator gerak. Berdasarkan hasil percobaan diperoleh nilai eror dan standar deviasi dari masing-masing gejala yang diamati. Gejala efek Doppler pada saat sumber bergerak mendekat dan menjauh ketika pengamat diam memberikan nilai eror sebesar 0,04 % dan 0,1185 % dengan standar deviasi 0,018 dan 1,005. Percobaan efek Doppler pada saat sumber diam dan pengamat mendekat memberikan nilai eror sebesar 8,60 % dan standar deviasi 13,501 serta untuk percobaan efek Doppler pada saat sumber dan pengamat bergerak saling mendekat memiliki nilai eror sebesar 4,31 % dan standar deviasi 0,087. Secara keseluruhan percobaan ini menghasilkan nilai eror 3,267 % dan standar deviasi 3,665. Sehingga dapat disimpulkan bahwa percobaan yang dilakukan tergolong akurat dan presisi dalam merepresentasikan fenomena efek Doppler. Berdasarkan hasil percobaan ini peneliti merekomendasikan untuk melaksanakan kegiatan praktikum efek Doppler dengan bantuan sensor ponsel pintar.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Sani Safitri
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:58
Last Modified: 25 Jan 2024 03:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137900

Actions (login required)

View Item View Item