PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP AFEKSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 16 PALEMBANG (SIMILARITY)

Devi, Permatasari and Sani, Safitri (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP AFEKSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 16 PALEMBANG (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP AFEKSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 16 PALEMBANG (SIMILARITY)] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP AFEKSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 16 PALEMBANG (SIMILARITY))
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP AFEKSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 16 PALEMBANG (SIMILARITY).pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Afeksi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 16 Palembang”. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran vct (value clarification technique) terhadap afeksi peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas x sma negeri 16 palembang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 03 Maret sampai dengan 30 April 2017. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 dan X IPA 3. Penentuan kelas diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas dan uji anava satu jalan (one way). Kecenderungan angket lebih banyak terdapat pada alternatif setuju. Berdasarkan beberapa hasil dari analisis data pada uji hipotesis dapat diperoleh, 1) Fhitung = 3,95 > Ftabel = 2,49 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Fhitung = 2,70 > Ftabel = 4,10 maka Ha ditolak dan Ho diterima. 3) Fhitung = 2,34 > Ftabel 2,31 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Karena tingkat hubungan antar variabel kuat maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap afeksi peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 16 Palembang.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Sani Safitri
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:00
Last Modified: 25 Jan 2024 04:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137910

Actions (login required)

View Item View Item