ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA STRUKTUR ATAS JEMBATAN BETON PRATEGANG TIPE I GIRDER DENGAN VARIASI PANJANG BENTANG DAN JUMLAH STRAND YANG OPTIMAL

FIQRY, MUHAMMAD RIZAL and Saloma, Saloma and Nurjannah, Siti Aisyah (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA STRUKTUR ATAS JEMBATAN BETON PRATEGANG TIPE I GIRDER DENGAN VARIASI PANJANG BENTANG DAN JUMLAH STRAND YANG OPTIMAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_02.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_03.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (997kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_04.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_05.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03011382025094_0031107601_8884960018_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan merupakan sarana transportasi yang berfungsi menghubungkan rute/jalan yang terpisah. Salah satu tipe jembatan adalah jembatan beton prategang. Jembatan Sungai Cisadane PIK-2 Extention merupakan salah satu jembatan yang menggunakan tipe jembatan beton prategang. Salah satu struktur atas pada perencanaan Jembatan tersebut menggunakan beton prategang dengan panjang bentang 40 meter dan menggunakan tipe I-girder H-210 cm dengan jarak antar girder 2,1 m. Dengan lebar struktur atas jembatan tersebut 18,2 m. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam merencanakan struktur atas pada jembatan beton prategang, seperti panjang bentang, jarak antar girder, dan jumlah strand yang direncanakan. Perbedaan panjang bentang pada jembatan dapat mempengaruhi kinerja struktur secara signifikan. Selain itu, jumlah strand yang direncanakan perlu diperhitungkan secara optimum. Dilakukanlah perbandingan dengan dua model perbandingan dengan variasi panjang bentang dan jumlah strand yang optimal. Untuk variasi panjang bentang yang digunakan yaitu dengan panjang bentang 50 meter dengan tipe I-girder dengan jarak antar girder 1,4 m. Analisis tersebut dilakukan menggunakan Midas Civil. Dengan variasi panjang bentang tersebut, digunakan 8 buah balok utama untuk bentang 40 m sedangkan untuk bentang 50 m digunakan 11 buah balok utama. Penggunaan kabel tendon menggunakan 7 wire strand ASTM A-416 grade 270. Dihasilkan jumlah optimum tendon yang dibutuhkan pada bentang 40 m adalah membutuhkan sebanyak 4 tendon dengan 78 strand, sedangkan PCI-girder H-210 pada bentang 50 m membutuhkan sebanyak 4 tendon dengan 80 strand.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, beton prategang, panjang bentang, strand
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA174 Engineering design
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA174.A385 Engineering design--Data processing. Manufacturing processes--Data processing. Computer integrated manufacturing systems. Manufacturing processes--Automation. CAD/CAM systems.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Rizal Fiqry
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:06
Last Modified: 12 Jan 2024 03:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137995

Actions (login required)

View Item View Item