Laporan Penelitian (tahun ke 2)_Model Ideal Partisipasi Masyarakat Dalam Penegakan Hukum Lingkungan Terhadap Illegal Drilling Di Kabupaten Musi Banyuasin

RS, Iza Rumesten (2018) Laporan Penelitian (tahun ke 2)_Model Ideal Partisipasi Masyarakat Dalam Penegakan Hukum Lingkungan Terhadap Illegal Drilling Di Kabupaten Musi Banyuasin. Documentation. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya, Inderalaya.

[thumbnail of Laporan Penelitian Unggulan Kompetitif 2018] Text (Laporan Penelitian Unggulan Kompetitif 2018)
laporan Penelitian Unggulan kompetitif 2018.pdf - Supplemental Material

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Musi Banyuasin, pada tahun 2010 telah menghasilkan 11.626.680 barrel minyak mentah dan 340.964,68 MMBTU gas bumi. Angka ini seharusnya bisa lebih tinggi lagi jika tidak terjadi illegal drilling. Hasil penelitian awal yang dilakukan saat ini terdapat 800 titik tambang minyak illegal di Musi Banyuasin. Diantaranya di Kecamatan Sanga Desa, tepatnya di Desa Keban dan Desa Kemang (400 titik), Kecamatan Lawang Wetan Desa Talang Pejaring (200 titik) dan Kecamatan Babat Toman, Desa Sungai Angit (200 titik), Illegal drilling di Musi Banyuasin sangat endemis dan berlangsung bertahun-tahun namun tidak ada penindakan, kegiatan ini dilakukan secara berkomplot yang dilindungi oleh oknum. Namun pada 21 November 2017 lalu, Pemerintah Provinsi Sumsel telah berhasil menutup 104 sumur illegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencegah dampak kerusakan lingkungan yang lebih parah di KAbupaten Musi Banyuasin. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ditemukannya model ideal partisipasi Masyarakat dalam penegakan hukum lingkungan yang efektif untuk mencegah kerusakan lingkungan, karena illegal drilling bukan hanya merusak lingkungan namun juga menimbulkan kerugian bagi negara, melanggar HAM, menciptkana ktimpangan sosial dan kemiskinan. Metode yang diterapkan untuk mencapai target tersebut adalah dengan menggunakan metode peneltian normative, yang dipadankan dengan penelitian hukum empiris. Dengan cara mengumpulkan data-data lapangan terkait dengan praktek illegal drilling dan menganalisisnya dengan norma hukum yang relevan kemudian dirumuskan dalam bentuk model ideal partisipasi Masyarakat dalam penegakan hukum lingkungan. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah model ideal partisipasi aktif langsung Masyarakat dalam penegakan hukum lingkungan dilakukan mulai dari tahap eksplorasi sampai eksploitasi, mulai dari hulu sampai ke hilir.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: partisipasi Masyarakat, penegakan hukum, hukum lingkungan, illegal drilling.
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian)
Divisions: 02-Faculty of Law > 74101-Law (S2)
Depositing User: Dr.SH.MHum Iza Rumesten RS
Date Deposited: 22 Jan 2024 05:02
Last Modified: 22 Jan 2024 05:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138117

Actions (login required)

View Item View Item