RAMANDANI, M. RIZKY and Hartono, Yusuf (2024) ANALISIS STRUKTUR ARGUMENTASI GEOMETRIS SISWA SMP PADA MATERI KESEBANGUNAN DENGAN MODEL TOULMIN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081282025020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025020_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025020_0010116401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (648kB) |
|
Text
RAMA_84202_06081282025020_0010116401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (453kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025020_0010116401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (141kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025020_0010116401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025020_0010116401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (76kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025020_0010116401_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025020_0010116401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada struktur argumentasi geometris siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat argumentasi yang dimiliki oleh siswa SMP. Argumentasi geometris dapat dilihat melalui alur pembuktian geometri yang disusun oleh siswa. Melalui pembuktian geometri yang disusun oleh siswa akan dilihat berbagai komponen argumentasi. Komponen argumentasi yang menjadi acuan dalam menganalisis pembuktian yang disusun oleh siswa adalah komponen argumentasi model Toulmin. Komponen tersebut berupa claim, evidence, warrant dan backing. Selain komponen tersebut, Indikator lain yang menjadi bahan analisis adalah keruntutan pembuktian yang disusun siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Lalan dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa kelas IX. Pada tahapan tes, siswa diminta mengerjakan soal geometri yang berkaitan dengan pembuktian. Jawaban berupa pembuktian geometri yang disusun siswa selanjutnya dianalisis sesuai dengan indikator yang berkaitan dengan komponen model Toulmin. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebanyakan siswa kelas IX terkategori level 4, artinya siswa telah mampu menyusun argumentasi dengan baik. Meskipun demikian, tidak sedikit jawaban siswa yang masih terdapat berbagai kesalahan. Kesalahan yang ditemui dalam jawaban siswa yaitu kesalahan penulisan simbol hingga kesalahan melakukan operasi hitung. Selain kesalahan pada jawaban siswa, keterbatasan waktu juga menjadi faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyusun pembuktian matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Argumentasi Geometris, Pembuktian, Model Toulmin |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General Q Science > QA Mathematics > QA440-699 Geometry. Trigonometry. Topology > QA612.3 Homology theory. Electronic books. |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | M. Rizky Ramandani |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:19 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:19 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138179 |
Actions (login required)
View Item |