ANGGRAINI, WITA and Pratiwi, Weni Dwi (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VIII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081182025013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182025013_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182025013_0210038901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_84202_06081182025013_0210038901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182025013_0210038901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182025013_0210038901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182025013_0210038901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (60kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182025013_0210038901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182025013_0210038901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui langkah-langkah model pembelajaran creative problem solving (CPS) yang meliputi klarifikasi masalah, pengungkapan pendapat, evaluasi dan pemelihan serta implementasi menggunakan lembar kerja peserta didik. Subjek penelitiannya adalah siswa SMP Negeri 02 Sembawa kelas VIII-7 pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah tes tertulis dan wawancara. Kemampuan berpikir aljabar meliputi aktivitas generasional, tranformasional dan level meta-global. Setelah dilakukannya pembelajaran dengan model pembelajaran CPS pada materi SPLDV di kelas VIII-7 SMP Negeri 02 Sembawa, kemampuan berpikir aljabar yang dimiliki siswa terkategori sedang. Indikator yang paling banyak muncul pada siswa di kelas adalah indikator generasional terkategori tinggi karena siswa mampu menuliskan permisalan dan persamaan dengan baik. Untuk indikator transformasional siswa terkategori sedang karena beberapa siswa belum mampu mengubah persamaan ke persamaan yang ekuivalen dan melakukan operasi aljabar dengan baik. Untuk indikator level meta global terkategori sedang juga, karena beberapa siswa kebingungan untuk mencari hubungan dari apa yang ditanyakan dan yang mereka dapatkan karena mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami makna dari aljabar. Kata-kata kunci: Kemampuan berpikir aljabar, sistem persamaan linear dua variabel, creative problem solving.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir aljabar, sistem persamaan linear dua variabel, creative problem solving. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Wita Anggraini |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 07:12 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 07:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138507 |
Actions (login required)
View Item |