KEMAMPUAN LITERASI DAN PEMODELAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 RAMBUTAN

PUTRI, ALLIYYAH ZAHRA PERMATA and Indaryanti, Indaryanti (2024) KEMAMPUAN LITERASI DAN PEMODELAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 RAMBUTAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074_0006046401_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074_0006046401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (541kB)
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074_0006046401_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074_0006046401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074_0006046401_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074_0006046401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074_0006046401_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074_0006046401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (700kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074_0006046401_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074_0006046401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074_0006046401_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074_0006046401_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025074_0006046401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025074_0006046401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi dan pemodelan matematika peserta didik yang ada di SMPN 1 Rambutan. Dalam mengukur kemampuan literasi matematika siswa digunakan konteks Kampoeng Yasaman Cindo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Rambutan di kelas VIII.3 dengan melibatkan sebanyak 21 orang siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 butir soal tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya terdapat satu model yang seragam digunakan oleh siswa, mayoritas siswa menggunakan model matematika secara langsung yang menuju pada hasil penyelesaian suatu permasalahan. Hasil data tes menunjukkan bahwasannya siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis kemampuan literasi menggunakan model matematika dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang menggunakan konteks. Proses penyelesaian yang dilakukan siswa dimulai dengan interpretasi yang merupakan proses menerjemahkan soal berbasis literasi matematika kedalam bahasa matematika sehingga dapat dihitung penyelesainnya secara langsung yang sesuai dengan framework PISA yaitu merumuskan, menerapkan dan menafsirkan. Terdapat 3 tipe kelompok berbeda yang dihasilkan dari data penelitian dilihat dari jawaban yang diberikan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dengan tepat, kelompok tipe pertama terdapat 1 orang, kelompok tipe kedua terdapat 19 orang, dan kelompok tipe ketiga terdapat satu orang. Berdasarkan dengan konten dan konteks literasi matematika dalam framework PISA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi matematika, pemodelan matematika, masalah kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Alliyyah Zahra Permata Putri
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:18
Last Modified: 18 Jan 2024 04:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138632

Actions (login required)

View Item View Item