DARI, ULAN and Mulyono, Budi (2024) KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KUADRAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081282025049.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025049_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025049_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
RAMA_84202_06081282025049_0025057802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025049_0025057802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (369kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025049_0025057802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025049_0025057802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025049_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (270kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025049_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan computational thinking menjadi kemampuan yang penting pada abad ke 21. Kemampuan computational thinking tidak hanya digunakan pada ilmu komputer saja melainkan dapat digunakan pada disiplin ilmu lainnya, termasuk matematika. Namun, pembelajaran matematika sebagian besar belum berorientasi pada kemampuan computational thinking. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah pada materi fungsi kuadrat dan mendeskripsikan kontribusi pembelajaran yang diberikan oleh guru pada materi fungsi kuadrat terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan data penelitian diperoleh melalui observasi, tes tertulis, dan wawancara. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X. 3 SMAN 1 Indralaya berjumlah 38 orang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan computational thinking siswa kelas X. 3 masuk pada kategori sedang dengan persentase 68,42% walaupun keempat indikator dari kemampuan computational thinking muncul tetapi yang paling sering adalah algoritma. Lalu, pembelajaran guru memiliki keterkaitan yang baik terhadap kemampuan computational thinking yaitu guru menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran project based learning pada saat proses pembelajaran, menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, dan melakukan pendekatan pembelajaran (student centered) tetapi dari hasil tes tertulis siswa menampilkan ketidakselarasan dikarenakan beberapa sebab sehingga pembelajaran guru pada materi fungsi kuadrat membuat siswa mempunyai kemampuan algoritma pada computational thinking.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Computational Thinking, Penyelesaian Masalah, Pembelajaran Guru, Fungsi Kuadrat |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Ulan Dari |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 02:17 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 02:17 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/139343 |
Actions (login required)
View Item |