WALANDA, YULIZHA and Zulkardi, Zulkardi and Putri, Ratu Ilma Indra (2024) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA DAN AKTIVITAS MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA PAGAR ALAM UNTUK MENGUATKAN NUMERASI SISWA SMP. Masters thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84102_06022682226020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226020_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (27MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226020_0002046104_0011086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (497kB) |
|
Text
RAMA_84102_06022682226020_0002046104_0011086901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (201kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226020_0002046104_0011086901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (81kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226020_0002046104_0011086901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226020_0002046104_0011086901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (87kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226020_0002046104_0011086901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226020_0002046104_0011086901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya prestasi siswa Indonesia dalam PISA (Program International Student Assessment), khususnya dalam bidang matematika, menjadi latar belakang penelitian ini. Hal ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa mengerjakan soal-soal seperti PISA selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal dan aktivitas tipe PISA yang valid dan praktis konten quantity dengan menggunakan konteks Wisata Pagar Alam, dan berpotensi efektif terhadap kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas tujuh di SMP PGRI Pagar Alam (Indonesia), dengan rentang usia 14-15 tahun. Penelitian ini menggunakan metode design Research jenis development studies, yang terdiri dari preliminary dan formative evaluation. Instrumen yang terdapat dalam penelitian ini meliputi lembar kegiatan siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), soal-soal model PISA, kisi-kisi soal, kartu soal, dan rubrik penilaian. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dokumen, dan penelusuran. Data dikumpulkan melalui penelusuran dokumen, observasi, tes, dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan soal dan aktivitas tipe PISA pada konten kuantitas menggunakan konteks pariwisata Pagar Alam untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa yang terdiri dari empat unit aktivitas dan 8 unit soal evaluasi. Kesimpulannya, soal dan aktivitas tipe PISA pada konten kuantitas menggunakan konteks Wisata Pagar Alam dapat menginspirasi guru dan siswa dalam pembelajaran dan penilaian. Siswa juga dapat menghitung secara matematis, menerapkan penalaran mereka saat bepergian sehari-hari. Kata kunci: Design Research, Kemampuan Numerasi, Pagar Alam, PISA, Soal dan aktivitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Design Research, Kemampuan Numerasi, Pagar Alam, PISA, Soal dan aktivitas. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism > BQ5251-5305 Education and training L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2) |
Depositing User: | Yulizha Walanda |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 08:07 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 08:07 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/139627 |
Actions (login required)
View Item |