ALBANY, DEVIN AKBAR and Pratiwi, Weni Dwi (2024) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081382025057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081382025057_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081382025057_0210038901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (928kB) |
|
Text
RAMA_84202_06081382025057_0210038901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (486kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081382025057_0210038901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (169kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081382025057_0210038901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (855kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081382025057_0210038901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (109kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081382025057_0210038901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (102kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081382025057_0210038901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Studi yang ada menunjukkan bahwa transisi kemampuan berpikir aritmatika menuju kemampuan berpikir aljabar mengharuskan siswa untuk melakukan banyak penyesuaian. Perubahan paradigma siswa dalam mempelajari aljabar mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam berkomunikasi lisan secara matematis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan berpikir aljabar dan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa melalui pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan sampel siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 24 Palembang sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal tes kemampuan berpikir aljabar serta pedoman wawancara kemampuan komunikasi matematis lisan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier untuk memperoleh koefisien determinasi dan korelasi, serta uji t koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat sebesar 0.75 antara kemampuan berpikir aljabar dan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa melalui model pembelajaran problem based learning, dengan kontribusi kemampuan berpikir aljabar terhadap kemampuan komunikasi matematis lisan siswa sebesar 56%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Kemampuan Berpikir Aljabar, Kemampuan Komunikasi Matematis Lisan, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General Q Science > QA Mathematics > QA150-272.5 Algebra > QA169.A65 Categories (Mathematics)--Periodicals. Algebra--Periodicals. Mathematical analysis--Periodicals. Topology--Periodicals. Computer science--Periodicals |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Devin Akbar Albany |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:34 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:34 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/139828 |
Actions (login required)
View Item |