AFRINA, BATRISYIA and Mariyani, Mariyani (2024) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA BINA WARGA 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_87205_06051282025046.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051282025046_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051282025046_0010039303_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_87205_06051282025046_0010039303_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (64kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051282025046_0010039303_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (127kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051282025046_0010039303_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (625kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051282025046_0010039303_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051282025046_0010039303_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (79kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051282025046_0010039303_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Bina Warga 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 283 peserta didik, sampel penelitian menggunakan teknik Non Probability Sampling jenis Purposive Sampling dengan jumlah total sampel sebanyak 71 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan pada data hasil belajar peserta didik yang tidak diberikan perlakuan didapati hasil rata-rata sebesar 61,11 dengan peningkatan rata-rata sebesar 15,28, sedangkan rata-rata kelas eksperimen yang diberikan perlakuan terdapat nilai sebesar 82,43 dengan peningkatan rata-rata sebesar 21,32.Selanjutnya dengan melihat nilai signifikansi hasil uji paired sample t-test diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria asumsi pada data di atas nilai signifikansi adalah 0,000 <0,005 maka Ha pada penelitian ini diterima dan Ho ditolak maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Bina Warga 1 Palembang. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Batrisyia Afrina |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 06:08 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 06:08 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/139830 |
Actions (login required)
View Item |