PERENCANAAN PONDASI BORE PILE PADA PEKERJAAN ABUTMENT MAIN ROAD STA 7+600 (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS SUMATERA SEKSI SP. INDRALAYA-PRABUMULIH)

FADHILAH, ALFATH and Ratna, Dewi (2024) PERENCANAAN PONDASI BORE PILE PADA PEKERJAAN ABUTMENT MAIN ROAD STA 7+600 (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS SUMATERA SEKSI SP. INDRALAYA-PRABUMULIH). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018_0015067401_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018_0015067401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018_0015067401_02.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018_0015067401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (701kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018_0015067401_03.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018_0015067401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018_0015067401_04.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018_0015067401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018_0015067401_05.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018_0015067401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018_0015067401_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018_0015067401_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181823018_0015067401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03011181823018_0015067401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pelaksanaan sebuah konstruksi hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah struktur dari konstruksi itu sendiri. Suatu konstruksi yang lantai kerja atau tanah dasarnya tidak mempunyai daya dukung yang cukup untuk memikul beban atau tanahnya memiliki kedalaman yang cukup dalam untuk mencapai tanah yang dizinkan untuk mendukung konstruksi di atasnya, maka biasanya digunakan pondasi tiang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya dukung tiang tunggal maupun kelompok dengan menggunakan perencanaan pondasi bore pile yang harus mampu mendukung beban sampai batas keamanan yang telah ditentukan. Analisa yang dilakukan yaitu merencanakan pondasi bore pile, sehingga dari perencanaan didapat dimensi dan jumlah titik bore pile. Perencanaan pondasi tiang dihitung secara manual menggunakan metode Reese and Wright dan metode Meyerhoff. Tahapan perhitungan dimulai dengan informasi perencanaan struktur, penentuan dimensi tiang, perhitungan stabilitas abutment, perhitungan jumlah tiang pondasi, efisiensi kelompok tiang, dan penulangan bore pile. Dari hasil analisa didapatkan jumlah pondasi bore pile D60 dan D70 didapat jumlah tiang sebanyak 4 tiang dengan mutu beton 20 MPa. Dari 2 alternatif diameter bore pile diambil diameter 60 cm dengan jumlah 4 tiang dengan spesifikasi tulangan 22D12 dan sengkang D10-175 mm. Hal ini didasarkan karena walaupun didapat hasil faktor keamanan yang lebih kecil dari tiang diameter 70 cm namun hasil masih tetap dikatakan aman, sehingga tiang diameter 60 cm lebih dipilih daripada tiang diameter 70 cm. Pada kondisi di lapangan, kedalaman tiang yang digunakan adalah 40 m sedangkan dalam penelitian ini digunakan kedalaman tiang 32 m, sehingga dalam penelitian ini terdapat penghematan dan perhitungan lebih efisien walaupun sama-sama digunakan tiang dengan diameter 60 cm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Sipil
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General) > TA145 General works. Civil engineering, etc. 1850-
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Fadhilah Alfath
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:57
Last Modified: 26 Jan 2024 02:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/139839

Actions (login required)

View Item View Item