PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ISHIKAWA FISHBONE TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMAN 10 PALEMBANG

SARI, LAUDYA OKTA PERMATA and Kurnisar, Kurnisar (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ISHIKAWA FISHBONE TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMAN 10 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015_0005037604_01_font_ref.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015_0005037604_01_font_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015_0005037604_02.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015_0005037604_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015_0005037604_03.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015_0005037604_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015_0005037604_04.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015_0005037604_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015_0005037604_05.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015_0005037604_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015_0005037604_06_ref.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015_0005037604_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051182025015_0005037604_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87205_06051182025015_0005037604_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik memiliki berbagai kemampuan, salah satunya dalam memecahkan masalah. Kemampuan memecahkan masalah pada peserta didik di Indonesia masih belum sesuai harapan dapat dikategorikan rendah. Rendahnya kemampuan memecahkan masalah disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya penggunaan model pembelajaran pada proses pembelajaran. Dengan penggunaan model pembelajaran yang bervariasi akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal memecahkan masalah. Penggunaan model pembelajaran yang berorientasi pada masalah akan membantu peserta didik terbiasa dalam memecahkan masalah seperti model ishikawa fishbone yang dapat membantu peserta didik dalam menganalisis kemungkinan penyebab terjadinya suatu masalah secara sistematis. Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran ishikawa fishbone terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang menggunakan teknik dokumentasi dan observasi dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. (2 tailed) > 0,05 maka H0 ditolak dan nilai sig. (2 tailed) < 0,05 maka Ha diterima. Dengan nilai probabilitas 0,005 yaitu sig. 0,000 < 0,005. Berdasarkan hasil temuan selama melakukan proses penelitian didapatkan kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran ishikawa fishbone terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah di SMAN 10 Palembang. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pemilihan model pembelajaran yang beragam bagi pendidik di satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, kemampuan memecahkan masalah, pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Laudya Okta Permata Sari
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:36
Last Modified: 26 Jan 2024 02:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/139858

Actions (login required)

View Item View Item