ANALISIS PENYEBAB KEHILANGAN BATUBARA SAAT PENGANGKUTAN DARI STOCK ROM MENUJU STOCKPILE DI PT. SERVO MINING CONTRACTOR SITE KUD PENERUS BARU KECAMATAN LOKPAIKAT KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN

KRISNA, OKTO SUKMARA and Amin, Muhammad and Herlina, Weny (2013) ANALISIS PENYEBAB KEHILANGAN BATUBARA SAAT PENGANGKUTAN DARI STOCK ROM MENUJU STOCKPILE DI PT. SERVO MINING CONTRACTOR SITE KUD PENERUS BARU KECAMATAN LOKPAIKAT KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03081002089.pdf] Text
RAMA_31201_03081002089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002089_0006107301_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03081002089_0006107301_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[thumbnail of RAMA_31201_03081002089_0006107301_02.pdf] Text
RAMA_31201_03081002089_0006107301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002089_0006107301_03.pdf] Text
RAMA_31201_03081002089_0006107301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002089_0006107301_04.pdf] Text
RAMA_31201_03081002089_0006107301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002089_0006107301_05.pdf] Text
RAMA_31201_03081002089_0006107301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002089_0006107301_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03081002089_0006107301_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002089_0006107301_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03081002089_0006107301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

PT. Servo Mining Contracior ialah salah satu kontraktor penambangan yang berpartisipasi dalam hal pengadaan batubara di Indonesia. Mempunyai daerah operasi di site KUD Penerus Baru Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, sistem penambangan batubara dilakukan secara surface ining (tambang terbuka) dengan menggunakan shovel-truck sebagai alat gali-muat angkut. Salah proses penambangan yang ada yaitu pengangkutan batubara dari stock ROM ke stockpile. Namun, berdasarkan data dari perusahaan banyak terjadi kehilangan batubara pada saat proses pengangkutan. Pada penelitian ini dilakukan studi kasus untuk menghitung berapa jumlah kehilangan batubara yang terjadi dan kerugian ekonomi yang dialami perusahaan akibat batubara yang hilang saat proses pengangkutan, menganalisa faktor yang menyebabkan batubara hilang, lalu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk menerapkan prinsip konservasi sumber daya batubara karena batubara termasuk ke dalam sumberdaya tak tebarukan, maka dari itu proses pengelolaan, pengusahaan dan pemanfaatannya mutlak harus optimal. mi satu Dari hasil analisa yang dilakukan, rata-rata kehilangan batubara yang terjadi sebanyak 866,55 ton/bulan yang menghasilkan kerugian sebesar Rp. 307.243.890,- per bulannya. Kehilangan ini disebabkan oleh tumpahnya muatan karena kondisi pemuatan dan perilaku pengangkutan yang tidak sesuai dengan yang semestinya. Untuk kondisi dari pemuatan, yaitu mengenai kapasitas munjung yang diaplikasikan, saat ini pemuatan dilakukan melebihi kapasitas truck dimana tinggi muatan yang melebihi batas vessel sebesar 16,7 cm dengan rata — rata muatan berlebihnya 2,63 ton/rit. Untuk perilaku pengangkutan di tikungan kecepatan rata-rata alat angkut aktual yaitu 33,31km/jam ternyata melebihi kecepatan rata-rata ideal seharusnya yaitu 25,42 km/jam. Sedangkan di tanjakan, kondisijalan bergelombang disebabkan kurangnya daya dukung dari jalan sehingga muatan menjadi berguncang dan akhirnya tertumpah ketika melewatinya. Upaya yang dapat dilakukan ialah dengan menerapkan kondisi pemuatan semestinya yaitu sebanyak 20 ton, atau dengan pemakaian terpal sebagai penutup muatan ataujuga menambah tinggi sisi — sisi dari vessel alat angkut. Untuk kondisi tanjakan yaitu dengan pemeliharaan dan perawatan terhadap kondisi jalan yang ada. Dengan di aplikasikannya beberapa rekomendasi di atas, permasalahan kehilangan batubara dari alat angkut saatpengangkutan akan dapat teratasi. Kata kunci: kehilangan batubara, pengangkutan, faktor, upaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kehilangan batubara, pengangkutan, faktor, upaya
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN1-997 Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:50
Last Modified: 29 Jan 2024 07:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/140160

Actions (login required)

View Item View Item