IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHARAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH LUAR BIASA-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

SEDAYU, LANANG and Usra, Meirizal (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHARAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH LUAR BIASA-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140_0028056101_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140_0028056101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (573kB)
[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140_0028056101_02.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140_0028056101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140_0028056101_03.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140_0028056101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140_0028056101_04.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140_0028056101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140_0028056101_05.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140_0028056101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (53kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140_0028056101_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140_0028056101_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061082025140_0028056101_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06061082025140_0028056101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah luar biasa (SLB) merupakan wadah pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus untuk dapat mengenyam Pendidikan dengan konsep sosial yang sudah di wujudkan pemerintah agar anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan seperti anak-anak pada umumnya. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk Mengetahui kurikulum merdeka saat proses implementasi pada pembelajaran PJOK di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Bagaimana proses implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PJOK di SLB-B Negeri Pembina Palembang Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PJOK SLB-B Negeri Pembina Palembang. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang cocok bagi peneliti dalam proses transisi kurikulum 13 menjadi kurikulum merdeka belajar sehingga peneliti bisa memahami proses pengimplementasian kurikulum merdeka belajar dan peneliti bisa mengamati apa saja hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan di SLB-B Negeri Pembina Palembang Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan guru PJOK Sekolah Luar Biasa Pembina Palembang. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Bapak Robi Irawan, S.Pd. Hasil Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SLB-B Negeri Pembina Palembang berdasarkan 3 instrumen, pertama instrumen penelaah perangkat pembelajaran dan administrasi sekolah dengan angka 93% kategori amat baik, kedua instrumen penelaah TP-ATP pembelajaran dengan angka 100% kategori amat baik, ketiga instrumen penelaah modul ajar pembelajaran dengan angka 90% kategori baik. Faktor pendukung Implementasi Kurikulum merdeka Sekolah Luar Biasa B Negeri Pembina Palembang menerapkan sistem Individualist Educational Program (IEP) mampu menghasilkan tujuan pemebelajaran dan capaian pembelajaran. Faktor penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Palembang dalam penerapan guru harus menganalisa dan memodifikasi pembelajaran untuk siswa tuna grahita dan autis dibutuhkan penyesuaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka, pendidikan jasmani, sekolah luar biasa
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Lanang Sedayu
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:01
Last Modified: 29 Jan 2024 06:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/140216

Actions (login required)

View Item View Item