POLITICAL BRANDING CALON PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA 2024 DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Analisis Korpus Pada Tweet Akun Twitter Prabowo, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan)

SETIAWAN, SEKAR PUAN MASERATY and Saraswati, Erlisa (2024) POLITICAL BRANDING CALON PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA 2024 DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Analisis Korpus Pada Tweet Akun Twitter Prabowo, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_0013099204_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_0013099204_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_0013099204_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_0013099204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_0013099204_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_0013099204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_0013099204_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_0013099204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_0013099204_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_0013099204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_0013099204_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_0013099204_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_0013099204_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_0013099204_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282025177_0013099204_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031282025177_0013099204_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seorang politikus akan membangun political branding guna mencari simpati masyarakat, politikus akan membangun political branding sebaik – baiknya agar mendapatkan simpati masyarakat. Salah satunya dengan menggunakan media sosial Twitter sebagai sarana pembangunan political branding. Pada 2024 nanti akan ada PEMILU dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar, Prabowo & Gibran, dan Ganjar Pranowo & Mahfud MD. 3 calon presiden tersebut terkenal aktif di media sosial Twitter. Analisis wacana berbasis korpus digunakan untuk melakukan penelitian dan identifikasi terkait tweet paran calon presiden diakun Twitternya masing – masing. Data yang dianalisis dalam penelitian ini ialah data yang ada dalam periode 1 Januari 2023 – 30 November 2023 dengan hasil 2.297 (keseluruhan) . Data diolah dengan menggunakan Voyant – tools lalu dianalisis dengan analisis korpus dan di hubungkan dengan teori political branding. Akhir dari penelitian ini ialah mengetahui political branding antara capres yaitu Prabowo digambarkan jiwa juang, nasionalisme dan cinta negara yang tinggi dan sering berinteraksi dengan pengikut akun twitternya, Ganjar Pranowo yang digambarkan dengan pemimpin pendengar karena mendengarkan keluhan masyarakat dan Anies Baswedan digambarkan dengan jiwa toleransi antar agama yang tinggi. Kata kunci : Politica, Branding, calon, presiden, analisis, wacana, berbasis, korpus, media, sosial, Twitter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Politica, Branding, calon, presiden, analisis, wacana, berbasis, korpus, media, sosial, Twitter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Sekar Puan Maseraty Setiawan
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:37
Last Modified: 30 Jan 2024 03:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/140336

Actions (login required)

View Item View Item