ABIYYU, MUHAMMAD DIMAS AL and Harnani, Harnani (2024) PREDIKSI LONGSOR MELALUI VELOSITAS INVERSI DAN EVALUASI DESAIN LERENG TAMBANG NEWCASTLE DI MERAPI TIMUR, KABUPATEN LAHAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_34201_03071281924024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_34201_03071281924024_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_34201_03071281924024_0001028404_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
RAMA_34201_03071281924024_0001028404_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_34201_03071281924024_0001028404_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_34201_03071281924024_0001028404_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_34201_03071281924024_0001028404_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (322kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_34201_03071281924024_0001028404_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_34201_03071281924024_0001028404_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (25MB) | Request a copy |
Abstract
Pertambangan merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan demi mendapatkan suatu sumber daya dengan nilai ekonomis yang terdapat di bawah permukaan bumi. Dalam penambangan, lereng merupakan faktor penting dalam penanggulangan risiko terjadinya kecelakaan kerja. Kestabilan lereng ialah fokus bagi teknisi geoteknik untuk menjaga keselamatan kerja di tambang, maka dari itu manajemen risiko dilakukan melalui survei lokasi serta pengamatan visual. Apabila ditemukan lokasi-lokasi penting yang berkemungkinan terjadinya longsor, lokasi tersebut akan dilakukan pengamatan menggunakan alat pemantauan. Hal ini dilakukan untuk mengawasi pola deformasi yang terjadi pada lereng lalu memprediksi waktu terjadinya longsor melalui velositas inversi yang mana ketika nilainya semakin mendekati nol maka semakin mendekati waktu terjadinya longsor dengan menggunakan alat Slope Stability Radar (SSR). Pada penelitian ini, digunakan data primer untuk memprediksi longsor dengan mengawasi pergerakan deformasi di area Newcastle dan mengambil data lereng guna mengaplikasikannya pada pemodelan lereng. Data sekunder disini diambil dari data milik perusahaan serta situs Tanah Air Indonesia dan Indonesia Geospasial. Setelah mendapatkan data, dilakukan prediksi longsor berdasarkan hasil velositas inversi area pantauan. Aksi pengevakuasian dilakukan berdasarkan hasil pantauan tersebut. Lalu pemodelan lereng dilakukan dengan data sifat batuan awal yang telah didapatkan. Setelah itu, dilakukan evaluasi desain lereng melalui analisis balik dengan merekayasakan lereng yang memiliki faktor keamanan tidak stabil untuk merekayasakan keadaan lereng sebelum longsor terjadi. Pemodelan ulang dilakukan dengan mendesain geometri rekomendasi untuk membentuk lereng dengan FK stabil. Dilakukan pemodelan lereng menggunakan sifat batuan hasil analisis laboratorium perusahaan, yang menunjukkan faktor keamanan area Newcastle tergolong kelas lereng stabil. Longsor diprediksi akan terjadi pada tanggal 31 Oktober 2023 pukul 01:58 WIB dengan VCP 60, dan waktu aktual terjadinya longsor ialah pada pukul 01:50 WIB. Dengan rekayasa pemodelan lereng yang mengubah nilai sifat batuan pada area yang mengalami longsor, faktor keamanan lereng yang pada awalnya tergolong kelas lereng stabil pada muka air tanah 10 m di bawah permukaan dan pada muka air tanah jenuh, setelah dilakukan analisa balik menjadi kelas lereng labil baik dengan muka air tanah 10 m di bawah permukaan dan dengan muka air tanah jenuh. Hasil evaluasi menunjukkan pada lereng telah terjadi perubahan karakteristik lereng yang diakibatkan terjadinya hujan. Lalu dilakukan pembuatan rekomendasi geometri lereng untuk membuat lereng dengan faktor keamanan yang stabil dengan membentuk jenjang pada lereng low-wall area Newcastle. Dengan mengikuti rekomendasi desain lereng, didapatkan faktor keamanan yang stabil dalam kondisi muka air tanah 10 m di bawah permukaan dan dalam kondisi muka air tanah jenuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Keamanan, Longsor, Slope Stability Radar, Stabilitas Lereng, Velositas Inversi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA703-712 Engineering geology. Rock mechanics. Soil mechanics.Underground construction |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 34201-Geological Engineering (S1) |
Depositing User: | M. Dimas Al Abiyyu |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 14:04 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 14:04 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/140579 |
Actions (login required)
View Item |