Pendampingan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Nilai Profil Pelajar Pancasila Para Guru

Faisal, Emil El and Chotimah, Umi and Fatihah, Husnul (2023) Pendampingan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Nilai Profil Pelajar Pancasila Para Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (2). pp. 115-122.

[thumbnail of -Pendampingan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Nilai.pdf] Text
-Pendampingan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Nilai.pdf

Download (495kB)

Abstract

Kegiatan pendampingan pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi nilai profil pelajar pancasila bertujuan agar guru-guru SMP Sekolah Alam Palembang memiliki kemampuan mengembangkan lembar kerja peserta didik berorientasi nilai pelajar Pancasila. Metode yang digunakan adalah memberikan pembinaan dan pelatihan secara langsung dikelas dengan dikombinasi praktek pembuatan LKPD. Nilai profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlah mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong-royong, bernalar kritis dan kreatif. Pada saat kegiatan berlangsung guru-guru terlihat antusias mengikuti tahapan kegiatan, para guru antusias mengerjakan soal pretest, mengamati penjelasan tentang LKPD, dan antusias mendiskusikan kendala yang dihadapi saat pembuatan LKPD dan menggunakan LKPD dikelas. Hasil pretest dan postest dinyatakan terjadi peningkatan sebanyak 30 persen dan dari pengamatan terhadap kegiatan diskusi dikelas terdapat 40 persen peserta aktif dan komunikatif. Berdasarkan hasil kegiatan guru-guru meminta untuk diadakan kegiatan tema kurikulum Merdeka namun dengan bahasan yang berbeda. Tim pengabdian menyimpulkan bahwasannya perlu untuk sering membuat kegiatan pendampingan pembuatan LKPD disekolah lain.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:01
Last Modified: 01 Mar 2024 06:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/141232

Actions (login required)

View Item View Item