Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menyusun Instrumen Penilaian Kognitif dan Afektif

Mariyani, Mariyani and Chotimah, Umi and Mauilida, Ammela Anggun and Inayah, Inayah (2023) Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menyusun Instrumen Penilaian Kognitif dan Afektif. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9 (1). pp. 95-102. ISSN 2656-940X

[thumbnail of Analisis_Kemampuan_Mahasiswa_Calon_Guru_Menyusun_I.pdf] Text
Analisis_Kemampuan_Mahasiswa_Calon_Guru_Menyusun_I.pdf

Download (379kB)

Abstract

Kemampuan menyusun instrumen penilaian kognitif afektif merupakan kemampuan pedagogi penting agar tujuan pendidikan dapat terlaksana tepat sasaran.Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kemampuan mahasiswa calon guru menyusun instrumen penilaian kognitif dan afektif. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa prosedur penyusunan instrumen yang belum tepat, kesulitan dalam menentukan jenis penilaian afektif yang sesuai tujuan pembelajarans ehingga perlu dilakukan latihan penyusunan instrumen penilaian kognitif dan afektif baik dari segi pengetahuan ataupun prakteknya terutama dalam kualitas penyusunan instrumen pada level HOTS dan kemampuan tata bahasa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:56
Last Modified: 04 Mar 2024 07:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/141235

Actions (login required)

View Item View Item