ZAILANI, M. ARDY and Komar, Syamsul and Asyik, Makmur (2014) KAJIAN TEKNIS PENINGKATAN KORELASI RENCANA CYCLE TIME ALAT ANGKUT DI PIT KWEST PT KALTIM PRIMA COAL KALIMANTAN TIMUR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_31201_03091002015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (76MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03091002015_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) |
|
Text
RAMA_31201_03091002015_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03091002015_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03091002015_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03091002015_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03091002015_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (746kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03091002015_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (25MB) | Request a copy |
Abstract
Kondisi jalan angkut menjadi hal penting dalam pencapaian target produksi overburden di Pit Kwest Departemen Hatari. Hal ini berkaitan dengan jalan angkut di Pit Kwest, yang berada pada lapisan batuan yang berumur relatif muda. Sehingga menyebabkan jalan angkut kurang kompak dan sangat rentan mengalami kerusakan. Kondisi ini menyebabkan durasi cycle time aktual alat angkut lebih lama dari alokasi cycle time rencana sehingga berdampak pada produksi yang tidak optimal. Perhitungan alokasi cycle time rencana perusahaan untuk bulan Agustus di Pit Kwest adalah 17,03 menit, berdasarkan data dispatch diketahui cycle time aktual mencapai 23.06 menit. Sehingga tingkat korelasi terhadap cycle time aktual hanya sebesar 74%. Tingkat ketercapaian produksi aktual hanya sebesar 79.69% atau sebesar 1.022.653,61 bcm dari target produksi 1.283.252 bcm overburden. Hal tersebut sebagai dampak dari kekurangan alokasi alat angkut yang disebabkan karena cycle time aktual yang lebih lama dari alokasi rencana, sehingga menyebabkan faktor keserasian alat gali muat dan alat angkut (match factor) turun dari rencana 0,85 menjadi rata-rata 0,67. Dari metode perhitungan alokasi cycle time alat angkut dengan memperhitungkan variabel kondisi jalan angkut aktual Pit Kwest (Metode X), diperoleh alokasi cycle time alat angkut yang lebih mendekati cycle time aktual yaitu 23.73 menit. Tingkat korelasi terhadap cycle time aktual meningkat mencapai 97.09%. Dengan menggunkan alokasi cycle time tersebut, berdasarkan perhitungan tingkat ketercapaian produksi bisa meningkat menjadi 103,41%. Dari hasil penelitian, salah satu improvement yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif kondisi jalan angkut terhadap alat angkut yang beroperasi di Pit Kwest, adalah dengan cara membuat grade jalan angkut untuk segmen tanjakan maksimum pada grade 8,36%. Waktu perawatan jalan angkut yang efektif adalah menurut persamaan : (32/N) x cycle time alat angkut,(menit) dimana N adalah jumlah alat angkut yang beroperasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan angkut, Cycle time, Match factor, Kemampuan produksi alat angkut |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN1-997 Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 03:56 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 03:56 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/141332 |
Actions (login required)
View Item |