ANALISIS KOMPETENSI LITERASI SAINS MAHASISWA CALON GURU PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM

RADEFFIALDI, RADEFFIALDI and Saparini, Saparini (2024) ANALISIS KOMPETENSI LITERASI SAINS MAHASISWA CALON GURU PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034_0205108601_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034_0205108601_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (911kB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034_0205108601_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034_0205108601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034_0205108601_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034_0205108601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034_0205108601_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034_0205108601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034_0205108601_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034_0205108601_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034_0205108601_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034_0205108601_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025034_0205108601_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025034_0205108601_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kompetensi literasi sains yang dimiliki mahasiswa pendidikan fisika sebagai calon guru fisika pada pelaksanaan praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika Universitas Sriwijaya dengan sampel penelitian ialah mahasiswa semester 5 pada mata kuliah praktikum fisika sekolah sebanyak 41 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang disesuaikan dengan langkah-langkah praktikum serta aspek dan indikator kompetensi literasi sains dalam Framework PISA 2015. Hasil kompetensi literasi sains mahasiswa pada aspek menjelaskan fenomena secara ilmiah yaitu sebanyak 55,45% mahasiswa termasuk kategori tepat dan baik dalam melaksanakan praktikum, pada aspek mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah yaitu sebanyak 77,25% mahasiswa termasuk kategori tepat dan baik, dan pada aspek menafsirkan bukti dan data secara ilmiah yaitu sebanyak 72,72% mahasiswa termasuk kategori tepat dan baik. Melalui penelitian ini, dijelaskan bahwa kompetensi literasi sains mahasiswa calon guru fisika terhadap pelaksanaan praktikum khususnya praktikum materi Hukum Archimedes sudah baik dan perlu dipertahankan serta ditingakatkan. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan persiapan guru dalam mengajar fisika di sekolah, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan sains di tingkat sekolah. Kata Kunci: Kompetensi Literasi Sains, Framework PISA 2015, Praktikum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Radeffialdi Radeffialdi
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:47
Last Modified: 19 Mar 2024 05:47
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/141782

Actions (login required)

View Item View Item