ANALISIS USER EXPERIENCE PADA APLIKASI SEABANK MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE(UEQ)

FATIMAH, SITI and Oktadini, Nabila Rizky (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA APLIKASI SEABANK MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE(UEQ). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121_0010109104_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121_0010109104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (719kB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121_0010109104_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121_0010109104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121_0010109104_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121_0010109104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121_0010109104_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121_0010109104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121_0010109104_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121_0010109104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (65kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121_0010109104_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121_0010109104_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025121_0010109104_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025121_0010109104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan PT Bank SeaBank Indonesia menerapkan sistem Bank Online dengan membuat aplikasi Seabank sebagai upaya agar mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi, dll. Aplikasi SeaBank telah memiliki rating 4,8 pada perangkat Android dan dengan rating 4,9 pada perangkat IOS. SeaBank telah mengalami penurunan pengguna aplikasi sejak 3 bulan yang lalu, dan masih mendapatkan ulasan negatif dari pengguna yang tidak puas dengan fitur dan keamanan aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode UEQ untuk mengetahui hasil analisis user experience (UX) pengguna di setiap skala User Experience Questionnaire (UEQ). Terdapat 6 skala UEQ yang digunakan pada penelitian ini adalah attractiveness (daya tarik), efficiency (efisien), perspicuity (kejelasan), dependability (ketepatan), stimulation (stimulasi), dan novelty (kebaruan). Jumlah responden yang dapat dianalisis dan diolah datanya berjumlah 107 responden. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner secara online melalui google form yang kemudian diolah datanya dan dianalisis. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis inconsistency data. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa attractiveness mendapat nilai diatas rata-rata (1,51), perspicuity mendapat nilai diatas rata-rata (1,49), efficiency mendapat nilai diatas rata-rata (1,49), dependability mendapat nilai yang lebih rendah dibawah rata-rata (1,06), stimulation mendapat nilai diatas rata-rata (1,31), dan novelty mendapat nilai diatas rata-rata (1,11) setiap masing-masing skala menerima nilai evaluasi nilai positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: User Experience, User Experience Questionnaire (UEQ)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General)
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:08
Last Modified: 22 Mar 2024 02:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/142049

Actions (login required)

View Item View Item