PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PERBUATAN OVERCLAIMED DALAM PROMOSI OLEH INFLUENCER PADA SUATU PRODUK SKINCARE

NABILAH, SYOFIYA SUTIA and Turatmiyah, Sri and Afrilia, Dian (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PERBUATAN OVERCLAIMED DALAM PROMOSI OLEH INFLUENCER PADA SUATU PRODUK SKINCARE. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011381924452.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924452.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924452_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924452_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924452_0001116501_0013048210_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Perbuatan Overclaimed Dalam Promosi Oleh Influencer Pada Suatu Produk Skincare" Platform sosial media sekarang digunakan para pelaku usaha untuk melakukan kegiatan promosi/iklan produk. Platform yang beragam membuat pelaku usaha tidak luput dari promosi yang memakai jasa influencer. Namun tidak jarang influencer melakukan promosi dengan cara overclaimed untuk menarik minat dari konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis perlindungan hukum konsumen atas perbuatan overclaimed produk skincare oleh influencer yang tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan dan menganalisis mengenai tanggung jawab pelaku usaha produk skincare yang menggunakan jasa influencer dalam mempromosikan produk skincare. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian yang diperoleh yakni konsumen dapat perlindungan hukum secara preventif sebagai mana dalam perjanjian jual beli yang dibuat oleh pihak penjual dan pembeli yang melalui iklan dari influencer, jika perjanjian sudah memenuhi syarat sah KUHPerdata maka para pihak sudah memenuhi syarat sah perjanjian sesuai pada pasal 1320 KUHPerdata dan pihak sudah terikat pada hak dan kewajiban yang telah disepakati tersebut. Akibat hukum dari perjanjian ini adalah dapat dilakukan pembatalan karena tidak terpenuhi nya asas kesepakatan sesuai pada pasal 1321 KUHPer yaitu adanya penipuan. Serta tanggungjawab pelaku usaha terhadap kerugian yang dialami konsumen atas overclaimed yang dilakukan influencer ialah merujuk pada Pasal 7 UUPK yakni memberi kompensasi. ganti rugi dan/atau penggantian Kata kunci: Perlindungan hukum, Tanggung jawab pelaku usaha, Overclaimed

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, Tanggung jawab pelaku usaha, Overclaimed
Subjects: K Law > K Law (General) > K1500-1578 Industrial property
K Law > K Law (General) > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
K Law > K Law (General) > K840-917 Contracts > K840.L85 Contracts -- Singapore
K Law > K Law (General) > K923-968 Torts
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Syofiya Sutia Nabilah
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:47
Last Modified: 25 Mar 2024 00:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/142287

Actions (login required)

View Item View Item