ANALISIS KELENTURAN STRUKTUR SAYAP PESAWAT UAV TERHADAP GAYA TEKAN MENGGUNAKAN AUTODESK INVENTOR

Muhammad, Muhammad and Yani, Irsyadi (2018) ANALISIS KELENTURAN STRUKTUR SAYAP PESAWAT UAV TERHADAP GAYA TEKAN MENGGUNAKAN AUTODESK INVENTOR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03051381419138_0025127104_01.front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_21201_03051381419138_0025127104_01.front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (961kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_21201_03051381419138_0025127104_02.pdf] Text
RAMA_21201_03051381419138_0025127104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381419138_0025127104_03.pdf] Text
RAMA_21201_03051381419138_0025127104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381419138_0025127104_04.pdf] Text
RAMA_21201_03051381419138_0025127104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381419138_0025127104_05.pdf] Text
RAMA_21201_03051381419138_0025127104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381419138_0025127104_06.ref.pdf] Text
RAMA_21201_03051381419138_0025127104_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381419138_0025127104_07_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03051381419138_0025127104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

UAV (Unmanned Aerial Vehicle) adalah salah satu dari berbagai robot cangih di dunia yang diberi kemampuan khusus. UAV sendiri sering sekali disebut sebagai mesin terbang yang dapat dikendalikan dari jarak yang jauh atau juga dapat dikatakan sebagai pesawat tanpa awak (pilot pengendali) di dalamnya Karena tidak memiliki awak maka, UAV sendiri haruslah dikendalikan menggunakan pengendalian jarak jauh dari luar kendaraan atau dapat juga disebut sebagai RPV (Remotely Piloted Vehicle). Pesawat UAV sendiri tersusun dari bermacam-macam komponen dan struktur yang menjadi suatu kesatuan yang memiliki kelenturan struktur yang terbatas. Hingga saat ini UAV umumnya telah berkembang dengan sangat pesat dan digunakan pula untuk kepentingan militer. namun demikian UAV juga dapat digunakan untuk kepentingan manusia seperti survei udara dan sipil yang sangat diperlukan oleh pemerintah maupun pihak swasta di Indonesia. Maka tujuan dari penelitian yang akan digunakan adalah untuk menganalisis, gaya hambat yang diterima dan kelenturan dari struktur sayap pesawat UAV saat di udara. Dari tujuan ini dapat deketahui manfaat apa saja yang bisa dihasilkan oleh UAV itu sendiri anara lain dapat mengetahui kelenturan maksimal dari struktur pesawat agar dapat diterbangkan kemana saja siang ataupun malam. Dan dapat dilakukan perancangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu struktur yang lebih stabil, dan awet, serta dapat memenuhi tujuan seperti kemudahan pelaksanaan Struktur juga disebut stabil apabila awet, tidak mudah patah, miring atau tergeser selama rangka tersebut digunakan. Pembebanan merupakan salah satu hal yang penting dalam perencanaan sebuah struktur sayap. Kesalahan dalam perencanaan beban pada perhitungan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal pada hasil desain struktur tersebut. Lalu metode yang digunakan adalah metode eksperimental untuk mendesain ataupun merancang struktur sayap tetap UAV dan menghitung kelenturan stuktur rangka pesawat yang telah ditetapkan agar dapat mengetahui layak atau tidaknya rangka tersebut untuk dibuat sebuah pesawat tanpa awak, lalu mengambil dan mengumpulkan data kemudian dibuat dalam bentuk tabel hasil pengujian sehingga didapat suatu kesimpulan. Dalam hal analisis ini akan membahas kelenturan yang terjadi pada struktur sayap pesawat yang dimana struktur tersebut menerima tekanan saat di udara dengan menggunakan software Autodesk Inventor. Hasil dari penelitian kali ini akan menggunkan software dimana hasil tersebut akan dijadikan sebagai acuan. Dari hasil yang dilakukan menggunakan software maka akan terlihat bagian mana saja yang menerima beban dari tekanan saat di udara dengan dengan kekuatan yang diterima 0,100 MPa dari jarak berketingian 100 m. Dapat dilihat kerusakan terbesar yg diterima pada pangkal ujung sayap pesawat yang mengindikasikan titik merah sebagai tempat yang paling parah menerima beban. Pada simulasi pada software ini dapat dinyatakan memiliki metode ketelitian yang sesuai dengan prosedur penelitihan. Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka dalam penelitian kelenturan ini haruslah dapat menentukan berapa besar tegangan, regangan dan deformasi yang diterima sayap saat berada diudara dengan cara membedakan material yang digunakan agar bisa mendapat hasil kelenturan yang maksimal. Sehingga dapat dilihat bahwa material yang paling lentur adalah ABS Plastik karena deformasi maksimum yang dimiliki jenis material tersebut lebih besar dibandingkan dengan jenis material Aluminum 6061 dan stainless steel yang memiliki batas maksimum lebih kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Autodesk Inventor, Analysis of Stasic, Fixed Wing, Pressure, static stress.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1425-1475 Lifting and pressing machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:36
Last Modified: 01 Nov 2019 02:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/14231

Actions (login required)

View Item View Item