KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI HIMPUNAN

PRATIWI, ULPA GUSTI and Mulyono, Budi (2024) KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI HIMPUNAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065 .pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065_0025057802_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065_0025057802_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065_0025057802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065_0025057802_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065_0025057802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065_0025057802_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065_0025057802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065_0025057802_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065_0025057802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065_0025057802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382025065_0025057802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081382025065_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi himpunan dan melihat bagaimana pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap kemampuan computational thinking siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengolah data hasil tes tertulis dan pendekatan kualitatif dalam penyajian data. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, tes tertulis dan wawancara yang memuat empat indikator computational thinking, diantaranya (1) dekomposisi, (2) pengenalan pola, (3) abstraksi, dan (4) algoritma. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking siswa SMP Srijaya Negara Palembang termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 62. Siswa dengan kategori tinggi dapat memunculkan seluruh indikator, siswa dengan kategori sedang dapat memunculkan tiga indikator, dan siswa dengan kategori rendah dapat memunculkan satu indikator saja. Adapun indikator yang dominan muncul adalah indikator pengenalan pola dengan nilai rata-rata sebesar 68.51 dan abstraksi dengan nilai rata-rata sebesar 63.70. Sedangkan indikator yang sedikit muncul adalah dekomposisi dengan nilai rata-rata sebesar 57.03 dan algoritma dengan nilai rata-rata sebesar 59.62. Selain itu, pembelajaran yang diberikan oleh guru belum sepenuhnya mengaitkan dengan indikator computational thinking, dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih dominan dengan metode konvensional dan metode tanya jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Computational Thinking, Masalah Kontekstual, Himpunan.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Ulpa Gusti Pratiwi
Date Deposited: 24 Mar 2024 03:39
Last Modified: 24 Mar 2024 03:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/142341

Actions (login required)

View Item View Item