YULIANTI, WINDA PUTRI and Mulyono, Budi (2024) KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI LOGARITMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081282025048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025048_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025048_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_84202_06081282025048_0025057802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (477kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025048_0025057802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (480kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025048_0025057802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025048_0025057802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (289kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025048_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (404kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025048_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah pada materi logaritma serta melihat pembelajaran yang diberikan guru berdasarkan kaitannya dengan indikator kemampuan computational thinking siswa. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ialah terdiri dari 3, yaitu: observasi, wawancara dan tes tertulis. Dari beberapa siswa peneliti memilih 6 siswa sebagai subjek yang dikategorikan menjadi 3 bagian, yaitu 2 siswa dikategorikan kemampuan tinggi, 2 siswa dikategorikan kemampuan sedang dan 2 siswa dikategorikan kemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian siswa yang memiliki kemampuan tinggi memenuhi 4 indikator computational thinking, siswa yang memiliki kemampuan sedang memenuhi 3 indikator dan siswa yang memiliki kemampuan rendah memenuhi 1 indikator. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Subjek yang mengikuti penelitian ialah 29 orang. Diantaranya memenuhi indikator sebesar 61.3%. Berdasarkan indikator siswa memiliki kemampuan dekomposisi sebanyak 34.09%, pengenalan pola sebesar 55.55%, abstraksi sebesar 68.19%, dan algoritma sebesar 87.35%. Pembelajaran yang diberikan guru sudah ada kaitan terhadap indikator computational thinking, dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran dengan pemilihan PBL(Problem Based Learning).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Computational Thinking, Logaritma, Pembelajaran PBL |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis > Q334.A755 Artificial intelligence. Computational linguistics. Computer science. Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis > Q337.3 Swarm intelligence. Big data -- Social aspects. Information technology -- Economic aspects. |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Winda Putri Yulianti |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 00:52 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 00:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/142798 |
Actions (login required)
View Item |